Car Review Indonesia

 

Civic Turbo : Volume Bagasi Versi Hatchback Nyaris Dua Kali Lipat Dari Sedan.

| 02 December, 2016

Selain desain, pembeda antara versi hatchback dan sedan adalah kapasitas kargo. Berdasarkan data, volume ruang barang (kapasitas kargo) Civic Turbo hatchback lebih besar ketimbang sedan.

Kabar akan kehadiran Civic Turbo hatchback di tanah air semakin nyaring terdengar. Iming-iming harga lebih ringan dibandingkan dengan versi sedannya menjadi sesuatu yang cukup membuat mobil buntut cepak ini memiliki peluang besar untuk sukses di pasaran.

Mobil hatchback, dianggap memiliki ruang barang lebih kecil dibandingkan sedan. Benarkah? Hal ini ditampik oleh Honda Civic Turbo hatchback, ketika dibandingkan kapasitas isi bagasinya dengan versi sedan.

Dengan wheelbase yang sama dengan versi sedan (2.700 mm), Civic Turbo hatchback ini memiliki kapastitas cargo dengan volume 727,7 liter. Sementara versi sedannya hanya memiliki kapasitas 427,5 liter. Selisih yang cukup signifikan yang tentunya akan mempengaruhi kemampuan angkut barang mobil ini.

Padahal Civic Turbo memiliki panjang keseluruhan 4.630 mm, sedangkan hatchback terukur hanya 4.520 mm. Memang, dibandingkan sedan, mobil hatchback memiliki kelebihan ruang barang yang lebih tinggi, terutama ketika jok belakang dilipat. Sementara sedan memiliki keterbatasan tinggi, pada bagian ekor mobil dengan bagasi. 

Namun, ruang barang Civic Turbo hatchback ini tak hanya lebih besar kapasitasnya dari versi sedan, di antara hathback sekelas, Civic Turbo ini disebutkan memiliki kapasitas kargo terluas.

Namun demikian, versi sedan unggul dalam bobot, lebih enteng dari hatchback. Tercatat bobot Hatchback berada di rentang 1.277-1.362 kg, sedangkan versi sedannya 1.121-1.326 kg atau kalau dirata-rata lebih berat 45 kg. 

 

 

Tag : #Honda Civic  # Hatchback  # Turbo 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]