Teknologi cylinder deactivation ini tak lagi menjadi monopoli mesin besar dan mulai diaplikasi pada mesin 4 silinder.

Cylinder Deactivation, Teknologi Efesiensi BBM yang Hadir di GIIAS 2018

 
Cylinder Deactivation, Teknologi Efesiensi BBM yang Hadir di GIIAS 2018

Teknologi cylinder deactivation ini tak lagi menjadi monopoli mesin besar dan mulai diaplikasi pada mesin 4 silinder.

Efesiensi bahan bakar merupakan target yang dikejar oleh semua pabrikan otomotif. Salah satu yang perlu dilakukan, mengaplikasi teknologi cylinder deactivation, sebuah teknologi yang memungkinkan mesin hanya mengoperasikan sebagian dari silinder mesin apabila tidak diperlukan tenaga besar dari mesin.

Sebenarnya teknologi ini bukanlah sesuatu yang baru, karena pada tahun 80-an General Motors telah menerapkan deaktivasi sebagian silinder pada mobil-mobil bermesin V8. Di atas kertas teknologi ini dapat memangkas penggunaan bahan bakar 10 hingga 20 %, tanpa harus mengorbankan performa mesin.

Namun kini, teknologi yang dikenal juga dengan nama Active Fuel Management ataupun Deplacement On Demand ini mulai dijejalkan pada kendaraan bersilinder empat.

Teknologi ‘irit’ bahan bakar ini merupakan bagian dari deretan teknologi yang akan ditemukan pada GIIAS 2018 pada Beyond Mobility Area pada 2-12 Agustus 2018.

Selain teknologi cylinder deactivation, Anda juga akan menemukan berbagai ragam teknologi otomotif terkini lainnya, mengingat teknologi yang dipajang di sana mencakup safety (keamanan), performa, dan comfortable (kenyamanan).

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com