Beberapa faktor membuat mesin Panther dan Tagra lolos spesifikasi Euro 4.

Euro 4? Isuzu Panther dan Traga Siap!

 
Euro 4? Isuzu Panther dan Traga Siap!

Beberapa faktor membuat mesin Panther dan Tagra lolos spesifikasi Euro 4.

Belum lama ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meluncurkan produk pick up Cabin Over Engine (COE) yang diberi emblem Traga.

Meskipun produk baru, namun pick up ini masih mengadopsi mesin legendaries milik Isuzu yakni 4JA1-L yang lebih dikenal sebagai jantung Panther. Berbicara kelayakan mesin tersebut, pihak Isuzu pun buka suara.

“Penerapan standar emisi pada mobil-mobil kami yang belum menganut sistem diesel commonrail tidak akan menjadi masalah. Khususnya mesin 4JA1-L yang dipergunakan pada Traga dan Panther masih bisa digunakan mengikuti perkembangan yang ada,” jelas Tonton Eko Boerdianto, General Manager Product Development and Service Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), di Puncak Bogor (09/05).

“Supaya bisa mengakomodir jenis bahan bakar baru, maka kita lakukan beberapa penyesuai supaya mampu menghasilkan tingkat emisi seperti yang telah ditentukan,” imbuhnya.  “Meski tidak bisa dikatakan sebagai mesin yang modern, namun pada kenyataannya mesin 4JA1-L ini mampu ditekan tingkat emisinya untuk penggunaan bahan bakar berstandar Euro 4. Hal ini dikarenakan desain, material, dan safety factornya sudah diperhitungkan benar,” tutup Tonton.

Dalam jajaran produk light vehicle Isuzu, hanya tinggal Panther dan Traga saja yang masih menggunakan diesel konvensional. Keduanya menggunakan mesin yang sudah mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1996 silam. Sampai saat ini mesin ini terbukti sebagai mesin yang cukup dapat diandalkan, awet, minim perawatan dan juga irit bahan bakar.

 
Related
Updates

otodriver.com