Kami diberi kesempatan menguji performa All New Rush 2018 yang banyak memiliki keunggulan dibanding model sebelumnya. Bagaimana impresinya?

First Drive : Begini Impresi Berkendara Toyota All New Rush Dibandingkan Versi Terdahulu

 
First Drive : Begini Impresi Berkendara Toyota All New Rush Dibandingkan Versi Terdahulu

Kami diberi kesempatan menguji performa All New Rush 2018 yang banyak memiliki keunggulan dibanding model sebelumnya. Bagaimana impresinya?

Tim Carreview.id berkesempatan mengendarai Toyota All New Rush pada acara Journalist Test Drive yang diselenggarakan di Kota Malang dan Surabaya, 9-10 Januari.

Meski waktu pengujian tergolong cukup singkat, namun kami berhasil mendapatkan impresi berkendara dari Toyota All New Rush. Tipe yang kami tes adalah Rush TRD Sportivo bertransmisi otomatik.

Saat menyandarkan punggung di jok pengemudi, kami merasa jok Toyota All New Rush lebih empuk dibanding pendahulunya. Fitur-fitur anyar pun mulai menyapa kami sesaat memasuki kabin, antara lain pengaturan AC Digital, layar MID yang cukup informatif, Headunit dengan fungsi Bluetooth, Mirroring, dan Web Link, serta pengaturan audio di lingkar kemudi. Sayangnya, setir hanya dilengkapi pengaturan Tilt Steering tanpa dilengkapi teleskopik. Sehingga, jika Anda memiliki postur tinggi badan di atas 175 cm mungkin akan terasa kurang ergonomis ketika mengendarai mobil ini.

Mobil ini diperkuat oleh mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc yang mampu menggelontorkan tenaga sebesar 104 PS/6.000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm/4.200 rpm. Seperti diketahui sebelumnya, mesin baru justru mengalami penurunan tenaga jika dibanding Rush versi sebelumnya. Pihak TAM mengklaim, bahwa powertrain anyar ini mampu menghasilkan konsumsi BBM yang efisien. 

Strategi tersebut mulai kami rasakan, setelah melewati kepadatan Kota Malang, total konsumsi bahan bakar yang kami capai tertulis 10.0 km/ liter di layar MID.

Namun saat kami menguji performanya, kami justru merasa tenaganya kurang responsif dibanding generasi terdahulu. Namun sisi baiknya, suara raungan mesin ketika berakselerasi terasa lebih halus jika dibanding model sebelumnya.

Berbicara kehalusan mesin, mobil ini juga memiliki kekedapan ruang kabin yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Pihak Toyota juga mengklaim mobil ini memiliki suspensi yang lebih baik ketimbang generasi terdahulu. Meski demikian masih ada sedikit gejala body roll ketika mobil ini diajak berlari pada kecepatan tinggi. Hal ini mungkin diakibatkan oleh ground clearance yang lebih tinggi pada Rush terbaru.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Toyota All New Rush mengalami peningkatan yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Peningkatan terdapat pada sisi fitur, konsumsi bahan bakar, karakter suspensi, dan kekedapan ruang kabin.

Meski begitu, ada beberapa kelemahan ditemukan pada mobil ini, yaitu tenaga mesinnya yang menurun dibanding versi lawas serta pengaturan setir yang tidak dilengkapi dengan teleskopik.

 

 
Related
Updates

otodriver.com