Bukan 2.3 Liter 4 silinder atau 3.7 V6, namun justru Ford memilih Mustang V8 bertenaga 415 dk dan torsi puncak 530 Nm, yang dijagokan untuk berkompetisi di ajang MPG Marathon, Inggris.

Ford Mustang : Varian V8 Justru Dipilih Dalam Ajang Lomba Irit. Kenapa?

 
Ford Mustang : Varian V8 Justru Dipilih Dalam Ajang Lomba Irit. Kenapa?

Bukan 2.3 Liter 4 silinder atau 3.7 V6, namun justru Ford memilih Mustang V8 bertenaga 415 dk dan torsi puncak 530 Nm, yang dijagokan untuk berkompetisi di ajang MPG Marathon, Inggris.

Semua orang tahu bahwa Mustang pada saat ini merupakan muscle car yang telah berkompromi dengan zaman. Mesin 2.300 cc 4 silinder menjadi mesin berkapasitas terkecilnya, selain mesin 3.700 cc V6 dan 5.000 cc V8 'Coyote'.

Dalam rangka mengikuti lomba irit MPG Marathon, pihak Ford justu memilih versi V8 beratap konvertibel sebagai duta dalam kompetisi lomba ekonomis itu.

Menurut klaim pabrik, konsumsi rata-rata Mustang V8 yang sanggup sprint 0-100 km/jam dalam 4,8 detik itu, adalah 14.1L/100km atau 7,1 km/liter. Bukan sebuah angka yang memiliki peluang untuk menang tentunya.

Tentu apa yang menjadi keputusan pabrikan Blue Oval ini terdengar janggal dan sepertinya Ford sudah kalah sebelum lomba yang digelar 18-19 Oktober 2016 itu dimulai.

"Hal yang unik tentang MPG Marathon adalah munculnya metode-metode yang sebagian besar tentang gaya mengemudi yang membuat mobil seperti kendaraan eco," kata event organizer, Jerry Ramsdale pada Carscoops.  

"Dengan memasukkan mobil seperti Mustang dan menunjukkan pada dunia bahwa dengan metode yang tepat, maka mobil yang telah dicap tidak ramah pada konsumsi bensin ini dapat meningkatkan ekonomi bahan bakar di atas angka klaim standar pabrik," tukasnya.  

Ford ingin menunjukkan bahwa mobil yang berorientasi pada performa ini dapat efisien dalam penggunaan bahan bakar, asalkan dikendarai dengan bertanggung jawab.

Mungkin Mustang V8 tidak akan unggul dalam persaingan lomba irit ini, namun mobil ini mampu menunjukkan kinerja V8 secara optimal bahkan memberikan perlawanan terhadap mesin dengan jumlah silinder dan kapasitas lebih sedikit.

MPG Marathon merupakan ajang kompetisi yang diadakan di Inggris Raya. Sesuai dengan namanya perlombaan ini berorientasi pada pengunaan bahan bakar paling irit dan juga paling efisien.

Jika memang Mustang berhasil membuktikan kemampuannya, mungkin ini akan menjadi iklan terselubung Ford Mustang di Inggris ataupun benua Eropa. Sejak Mustang memiliki versi stir kanan di awal tahun ini, sebanyak 3.000 unit S’tang terjual hanya di Inggris saja. Di mana 2/3 darinya adalah versi V8.

Ford Mustang ini akan dikemudikan oleh mantan kru Ford Works Rally, Andy Dawson dan Andy Marriot. Marriot sempat menjuarai gelaran serupa pada 2012 dengan mengendarai Ford Fiesta ECOnetics 1.6 TDCi.

Rute yang akan ditempuh melalui berbagai ragam kondisi jalan, termasuk di sirkuit Silverstone, di Northamptonshire.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com