Car Review Indonesia

 

Foton Toano : Pilihan Lebih Murah, Jiplakan Mercedes-Benz Sprinter

| 27 November, 2016

Harus diakui, ini adalah jiplakan Mercedes-Benz Sprinter, terlihat dari dimensi, desain dan beberapa hal lainnya. Namun, mobil asal Shandong, Cina ini, memberikan penawaran harga yang sangat ekonomis.

Jika MPV besar ini dilihat dari jarak puluhan meter, pasti akan menyangka mobil tersebut adalah Mercedes-Benz Sprinter. Semakin mendekat, akan tersadar bahwa yang dilihat adalah sebuah Foton Toano.

Tetapi jangan dikira ini adalah re-badge dari Sprinter, meski jika dikatakan terdapat unsur-unsur yang diadopsi dari MPV buatan Mercedes-Benz itu bisa saja terjadi.

Foton Toano merupakan produk dari produsen van asal Cina, Beiqi Foton yang pabriknya terletak di Weifang, Shandong, Cina.

Seperti dikabarkan dari TopGear.com.ph, Foton sendiri merupakan pabrikan yang menjalin joint venture dengan Daimler untuk memproduksi kendaraan-kendaraan komersial.

Namun tidak ditemukan data cukup akurat yang menyebutkan bahwa Toano dikembangkan dari DNA Sprinter. Walau dikatakan Toano dirancang oleh tim desainer dan insiyur di Suttgart, Jerman, yang juga terlibat dalam proses kelahiran Sprinter generasi II.

Jika Sprinter memiliki tiga pilihan mesin bikinan Mercedes-Benz yang diakurkan dengan tiga pilihan girboks baik manual ataupun matik, maka beda dengan Toano.

Mobil ini hanya memiliki satu pilihan mesin turbo diesel 2.800 cc CRDi bikinan Cummins. Sedangkan girboksnya hanya satu, manual enam percepatan.

Dari segi performa mesin empat silinder yang juga digunakan pada Nissan Titan/Armada ini memiliki output yang nyaris serupa dengan mesin Sprinter yakni 160 dk, hanya terpaut 1 dk lebih kecil dari Sprinter bermesin Blue Tech terkuat yang berkapasitas 2.100 cc . Sedangkan torsi puncaknya sama, berada angka 360 Nm.

Dari segi fungsi, antara Toano dan Sprinter bisa dikatakan sama persis dan mampu dipergunakan dalam berbagai kegunaan dari van angkutan barang hingga van eksekutif yang menampilkan kemewahan.

Namun yang paling kompetitif dari Toano adalah harganya. Di Filipina, sebuah Toano dibanderol di kisaran harga Rp 458 jutaan, untuk varian termewah. Bandingkan dengan Sprinter yang dijual dengan harga dua kali lipatnya. 

Mungkin jika Foton Toano hadir di Indonesia, pasti akan membuka peta pertarungan baru di dunia mobil travel.

Foto : ChinaAutoWeb

Tag : #Foton  # Mercedes-Benz  #Van 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]