Car Review Indonesia

 

GMC Terrain 2018 Muncul Sebagai Mobil Dengan Shifter Terburuk Di NAIAS 2017

| 12 January, 2017

Penampilan dan fitur GMC Terrain 2018 membuat mobil ini memiliki banyak fans, namun penempatan tombol shifternya justru membuat SUV ini canggung dan tak aman untuk dikendarai.

Para pengunjung tentu akan sependapat bahwa GMC Terrain Gen II yang baru diluncurkan pada gelaran North America International Auto Show (NAIAS) 2017 memiliki penampilan yang cukup menarik. Dengan model seperti ini, banyak yang percaya bahwa mobil ini akan sukses di pasaran Amerika Utara.

Namun potret indah pada bentuk desain eksterior justru ternodai oleh satu hal, yaitu posisi tombol shifter.

Motor 1 Selasa, 10/1, menyebut bahwa model shifter tombol Terrain ini merupakan shifter terburuk dari semua mobil yang diluncurkan dalam acara akbar tersebut.  

Posisi pemindah gigi SUV ini terletak pada dasbor tengah di bawah tombol AC, dan dianggap tidak proposional serta tidak aman.

Pengemudi akan merasa canggung dengan posisi lima tombol yang ada. Posisi P,R,N,D dan L memiliki potensi salah pencet. 

Sedangkan posisi tombol L yang dilengkapi dengan tombol + dan – justru terasa jauh dari jangkauan pengemudi Terrain yang notabenenya berada di sebelah kiri.

Letak shifter ini juga mengudang bahaya lain, yakni cukup mudah dijangkau dan dipencet anak-anak.

Tak terbayangkan jika hal ini terjadi akan menyebabkan sesuatu yang saat fatal terlebih jika saat mobil ini melaju kencang.

Oleh sebab itu, ada baiknya GMC memikirkan kembali keputusannya untuk meletakkan posisi tombol pemindah transmisi atau malah menggantinya dengan sistem lain yang lebih aman.

Shifter model tombol ini sepenuhnya dioperasikan secara elektrik dan mulai dikenal pada tahun 50-an.

Dalam perkembangannya, mekanisme seperti ini berkembang dan juga digunakan pada mobil dengan tuas tongkat (floor mounted shifter) ataupun tuas yang terletak pada batang kemudi (coloums shifter).

Meski begitu mobil ini sudah resmi diperkenalkan, apakah GMC akan merevisi shifternya dikemudian hari? Mengingat banyak media yang sudah mengomentari hal tersebut. Kita tunggu saja.

Tag : #GMC  #Terrain  #Shifter 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]