Dalam kompetisi yang berlangsung di Singapura, tim dari mahasiswa Indonesia berhasil menyabet 7 dari 9 gelar yang diperlombakan.

Hebat! Tim Mahasiswa Indonesia Ciptakan Mobil Teririt di Dunia

 
Hebat! Tim Mahasiswa Indonesia Ciptakan Mobil Teririt di Dunia

Dalam kompetisi yang berlangsung di Singapura, tim dari mahasiswa Indonesia berhasil menyabet 7 dari 9 gelar yang diperlombakan.

Shell Eco-marathon Asia 2018 memasuki seri kesembilan, yang diadakan di Singapura, pada 8-11 Maret 2018.

Para peserta dalam kompetisi ini, harus mendesain, merakit dan mengemudikan kendaraan, hingga memiliki konsumsi bahan bakar terbaik yang dipertarungkan dengan mahasiswa serta pelajar lain di kawasan Asia.

Dalam kesempatan ini, SEM diikuti oleh 122 tim mahasiswa dari 18 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah, termasuk 26 tim mahasiswa dari Indonesia.

Darwin Silalahi, Country Chairman & President Director PT Shell Indonesia mengatakan, tantangan pemenuhan konsumsi energi, serta transisi menuju pasokan energi terbarukan ke depan sangat nyata.

“Kami meyakini, dengan dukungan semua pihak, kompetisi seperti Shell Eco-marathon ini akan mampu mendorong anak-anak muda untuk inovatif dan kreatif, dalam mencari solusi dari permasalahan energi masa depan,” kata Darwin dalam siaran resminya, Jumat (9/3/2018).

“Prestasi yang sudah dicapai oleh mahasiswa Indonesia di ajang internasional ini, membuktikan bahwa generasi muda kita memiliki potensi besar, untuk menciptakan inovasi di bidang teknologi masa depan. Di sini saya melihat semangat juang para mahasiswa, yang membuat mereka unggul dalam kompetisi yang sangat ketat seperti Shell Eco-marathon,” kata Darwin.

Tim Mahasiswa Indonesia akhirnya berhasil mengharumkan nama bangsa dengan mendominasi juara di kelompok kendaraan UrbanConcept dengan meraih 5 dari 7 penghargaan.

Kelima tim Indonesia yang berprestasi dalam ajang kali ini adalah ITS Team 2 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Semar Urban UGM Indonesia (Universitas Gadjah Mada), Garuda UNY Eco Team (Universitas Negeri Yogyakarta), Nogogeni ITS Team 1 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan Bumi Siliwangi Team 4 (Universitas Pendidikan Indonesia).

Para tim juara UrbanConcept tersebut selanjutnya berhak untuk mengikuti final Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship - Regional Asia yang akan dilakukan Minggu, 11 Maret 2018 di tempat yang sama. Drivers’ World Championship - Regional Asia merupakan sebuah kompetisi adu cepat antara mobil-mobil hemat energi UrbanConcept terbaik di Asia.

Para pemenang selanjutnya akan diadu dengan pemenang-pemenang dari Amerika dan Eropa dalam ajang Drivers’ World Championship Grand Final di London yang akan diselenggarakan pada 8 Juli, untuk mencari pengemudi terandal yang paling efisien dalam berkendara.

 
Related
Updates

otodriver.com