Di Inggris, Honda ditawarkan dengan pilihan mesin 1000 cc untuk menyaingi kejayaan Ford Fiesta bermesin 1000 cc EcoBoost.

Honda : Jazz Gunakan Mesin 1.000 cc Demi Tantang Ford EcoBoost

 
Honda : Jazz Gunakan Mesin 1.000 cc Demi Tantang Ford EcoBoost

Di Inggris, Honda ditawarkan dengan pilihan mesin 1000 cc untuk menyaingi kejayaan Ford Fiesta bermesin 1000 cc EcoBoost.

Honda Jazz akan menerima mesin 1.000 cc turbo yang juga dipergunakan pada saudar bongsornya Civic. Mesin tiga silinder ini mampu menyemburkan daya 127 hp @ 5.500 rpm dan torsi 200 N.m pada kitiran mesin 2.250 rpm.

"Mesin kecil kami ini cukup menyenangkan dan terbukti berhasil digunakan pada Civic Hatchback. Dengan bodi Jazz yang lebih kecil saya rasa pelanggan Honda akan menyukainya,” ucap Phil Webb, CEO Honda Inggris seperti yang dikutip dari Carscoop. 1/9

Jika dibandingkan dengan mesin 1.500 cc lamanya (versi Eropa), mesin baru ini hanya kalah terpaut 1 (satu) daya kuda saja. Dan jika dibandingkan dengan kinerja mesin versi Indonesia dan Thailand, maka mesin tiga silinder ini unggul 9 daya kuda. Sedangkan torsi versi lokal ini tersungkur dengan selisih 35 N.m lebih kecil dibandingkan mesin berturbo ini.

Sejauh ini, Honda Inggris hanya menyebutkan mesin ini akan disandingakan dengan girboks 6-percepatan manual. Namun, jika melihat apa yang terjadi pada Civic, sepertinya pilihan girboks matiknya akan segera menyusul.

Inggris, khususnya benua Eropa pada umumnya dikatakan menjadi tempat yang pas bagi pemasaran mesin kecil dengan sokongan turbo tersebut. Hal ini berkaca dari keberhasilan Ford Fiesta EcoBoost yang telah merasakan manisnya keberhasilan mobil bermesin 1.000 cc di pasar lokal Inggris.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Sepertinya demam turbo ini belum akan menyentuh nusantara dalam waktu dekat. Belum ada keterangan yang pasti untuk Jazz di Indonesia. Walau demikian kesempatan itu tetap ada

 

 

 

 

 

 
Related
Updates

otodriver.com