Selain bentuknya yang menarik, ternyata Hyundai i30 memiliki tenaga yang lebih besar ketimbang Volkswagen Golf GTi. Apa saja keunggulan lainnya?

Hyundai i30 : Lebih Kuat Dari Golf GTi

 
Hyundai i30 : Lebih Kuat Dari Golf GTi

Selain bentuknya yang menarik, ternyata Hyundai i30 memiliki tenaga yang lebih besar ketimbang Volkswagen Golf GTi. Apa saja keunggulan lainnya?

Mungkin 10 tahun silam merek-merek dari Korea Selatan belum terlalu diperhitungkan, namun tidak demikian yang terjadi saat ini.

Merek seperti Hyundai maupun KIA bahkan kini dianggap sebagai ancaman yang serius bagi merek-merek otomotif papan atas.

Hal ini dibuktikan lewat Hyundai i30, yang beberapa saat silam prototipenya tertangkap lensa kamera di dekat Nürburgring, Jerman.

Seperti diwartakan Carscoops.com (17/5), walau dibalut dengan selubung kamuflase namun dapat ditengarai konstruksi dan desain New i30 ini.

Lebih detail lagi, i30 dilengkapi dengan bumper baru yang memiliki intake udara lebih besar dan lampu DRL LED yang dipasangkan secara horizontal.

Mobil ini memiliki side skirt baru dan juga pelek alloy yang lebih besar, serta didukung oleh sistem rem hi performance dengan kaliper berkelir merah.

Spoiler besar dan third brake lampu segitiga
Knalpot ganda, lebih sporty

Nafas penampilan sporty juga kentara pada bagian belakang dengan kehadiran spoiler yang lebih besar dan dilengkapi dengan third brake lampu unik berbentuk segitiga dan juga sistem exhaust ganda yang lebih sporty.

Sayangnya, Hyundai belum menjelaskan tentang performa dan kinerja i30.

Namun, banyak kalangan yang percaya bahwa mobil ini layak disandingkan dengan Golf GTi, lantaran mobil ini mampu memanjakan para pengemudinya. Penggunaan suspensi baru juga telah membuatnya lebih kaku sehingga membuatnya mampu bermanuver tajam.

Hothatch Hyundai ini dibekali dengan mesin empat silinder turbo berkapasitas 2.000 cc yang kabarnya mampu menyemburkan tenaga 246 dk dan 271 dk yang diakurkan dengan girboks manual 6-percepatan atau pilihan transmisi otomatik.

Jika dibandingkan dengan Golf GTi yang juga dibekali dengan mesin turbo berkapasitas sama, maka dapat dikatakan bahwa i30 unggul telak.

GTi dalam kondisi standar hanya mampu mengukir performa 227 dk dan opsi Performance Pack hanya mampu menyentuh angka 242 dk saja. 

Hothatch Jerman ini memiliki pilihan girboks manual 6-percepatan dan girboks 7-percepatan double-clutch semi-otomatik sebagai pilihan lainnya.

Dengan modal yang ada, boleh dikatakan bahwa i30 merupakan pilihan baru yang cukup berpotensi memukul jatuh Golf GTi.

Rencananya i30 akan diluncurkan pada 27 Mei ini pada balap katahanan 24 jam yang digelar di Nürburgring.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com