Dalam pengujian perdana yang dilakukan awak media nasional. Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid tembus konsumsi bahan bakar di atas 31 Km/liter. Bagaimana bisa?

Inilah Cara-Cara Ciptakan Konsumsi BBM New Ertiga Diesel Hybrid Di Atas 31 Km/Liter

 
Inilah Cara-Cara Ciptakan Konsumsi BBM New Ertiga Diesel Hybrid Di Atas 31 Km/Liter

Dalam pengujian perdana yang dilakukan awak media nasional. Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid tembus konsumsi bahan bakar di atas 31 Km/liter. Bagaimana bisa?

PT Suzuki Indomobil Sales mengemas acara peluncuran New Ertiga Diesel Hybrid dengan mengajak 46 awak media nasional, langsung menguji ketangguhan low-MPV selepas acara peluncuran di U-Thai, SCBD, Jakarta Selatan, (7/2).

Carreview.id merupakan salah satu media yang diundang dalam acara tersebut. Setelah acara unveiling dilakukan, pihak Suzuki ternyata melanjutkan kegiatan dengan menggelar ‘Liga Irit’ dengan rute Jakarta-Bogor.

Sebanyak 16 mobil bertransmisi manual dengan kondisi yang sama telah disiapkan PT SIS untuk memfasilitasi para jurnalis adu ketangkasan mengemudi seirit-iritnya.

Dengan mengusung mesin baru, New Ertiga Diesel Hybrid memang digadang-gadang memiliki konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Bahkan 16 mobil tes yang disiapkan PT SIS, semuanya telah dilabeli stiker bertuliskan ‘konsumsi bahan bakar Ertiga Diesel Hybrid 22,6 km/liter’ menurut klaim Suzuki.

Hal tersebut cukup meyakinkan, apalagi kini Ertiga telah menggunakan mesin diesel D13A, DDiS, DOHC, SHVS berkapasitas 1.248 cc yang terkenal irit.

Tepat pukul 11.00 WIB, rombongan ‘Liga Irit’ diberangkatkan menuju R Hotel Rancamaya, Bogor, yang ditentukan pihak Suzuki sebagai lokasi Finish.

Untuk menciptakan konsumsi terbaik, Carreview.id tidak menyalakan A/C kabin dan coba menerapkan gaya berkendara yang sangat efisien, salah satunya menjaga rpm di rentang 1.000-2.000.

Adapun rute yang kami lewati sampai Rancamaya merupakan kombinasi dari jalan bebas hambatan (TOL) dan jalan perkotaan, layaknya penggunaan harian sebuah mobil.

Memilih rute tol Jagorawi, konsumsi bahan bakar di MID awalnya menunjukan 30/100, sebuah hasil yang positif untuk konsumsi luar kota.

Sayangnya, kami diharuskan keluar gate tol Sentul Selatan, untuk mencoba rute pedesaan menuju kawasan Gadog, Puncak.

Di situlah konsumsi BBM menurut MID tampak tidak stabil. Pasalnya, kami melewati jalan dengan aspal yang tidak rata, ditambah kondisi lalu lintas yang sangat padat.

Beruntung, ada fitur Idle start/stop yang dimiliki mobil ini. Sehingga mesin bisa mati sejenak ketika harus antri melewati jalan yang rusak.

"Ertiga Diesel Hybrid telah dilengkapi dengan sistem SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Cara kerjanya, mesin diesel yang digunakan Ertiga tersebut dilengkapi dengan start stop engine, sehingga mesin akan mati saat mobil sedang berhenti, hal ini dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar hingga 50% lebih irit dibanding Ertiga bensin saat ini," ucap Harold Donnel selaku Head of Product Development & Accessories.

Jalur alternatif menuju puncak ini juga terkenal memiliki jalan menanjak yang sangat curam.

Hal tersebut membuat para pengemudi harus putar otak demi menjaga mobil berjalan dalam kecepatan yang konstan.

Akhirnya, setelah berjibaku selama hampir 3 jam di perjalanan dengan kecepatan rata-rata 40-80 km/ jam, Carreview.id sampai juga di lokasi Finish.

Di sana, para panitia telah menyiapkan gelas ukur yang berisikan Pertamina Dex untuk mengisi kembali tangki bensin Ertiga hingga luber.

Karena, kompetisi 'Liga Irit' ini mengusung format full to full, jadi mobil kembali diisi penuh hingga tangki berukuran 45 liter terisi penuh.

Kemudian, para panitia melihat berapa bbm yang dibutuhkan untuk mengisi kembali hingga penuh.

Setelah dihitung, secara mengejutkan Carreview.id hanya menghabiskan bensin 2 liter lebih sedikit, dan berhasil mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 31.7 Km/liter.

Sebuah hasil yang cukup mengesankan. Kami pun merekomendasikan mobil ini untuk Anda miliki sebagai kendaraan harian keluarga.

Selain irit, suara bising yang biasa ditimbulkan oleh mesin diesel tidak kami temukan hingga dalam kabin.

Telah resmi dipasarkan, New Ertiga Diesel Hybrid dibanderol Rp 219,5 juta (OTR).

Baca Juga : Foto dan Detail Pembaruan Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com