Di Australia Ford menang selangkah karena menyediakan Mustang dengan kemudi sebelah kanan, sedangkan GM sepertinya masih mengecilkan pasar mobil setir kanan. Apa alasannya?

Inilah Kendala Yang Dihadapi Chevrolet Memasarkan Camaro Setir Kanan

 
Inilah Kendala Yang Dihadapi Chevrolet Memasarkan Camaro Setir Kanan

Di Australia Ford menang selangkah karena menyediakan Mustang dengan kemudi sebelah kanan, sedangkan GM sepertinya masih mengecilkan pasar mobil setir kanan. Apa alasannya?

Faktanya mobil bersetir kiri memiliki pengguna yang lebih banyak dibandingkan dengan mobil bersetir kanan.

Mungkin alasan itu juga yang menggugah General Motors (GM) untuk fokus hanya menjual Camaro dan Corvette dalam versi setir kanan.

Kalau pun didapati versi setir kanan, dipastikan bahwa produk tersebut merupakan hasil konversi yang dilakukan oleh beberapa perusahaan termasuk Walkinshaw Group dari Australia.

Walkinshaw merupakan pemilik Holden Special Vehicle yang mengembangkan mobil-mobil Holden berperforma tinggi seperti Holden HSV GTS atau pick up terkencang di dunia, GTS Maloo.

Rontoknya pabrik Holden dan Ford praktis membuat mobil performa tinggi lokal pun sirna dan membuat kekosongan pada segmen bermesin V8 ini.

Seperti dikutip dari Motoring.com.au (25/7) Walkishaw akan melakukan konversi pada Camaro dan Corvette secara masal di 2019 nanti. 

Walau sekilas hal ini cukup menjanjikan, namun sepertinya GM belum memberikan dukungannya terhadap upaya tersebut.

Sejauh ini, belum terdengar kabar bahwa Walkinshaw akan mengantongi diskon khusus dari GM sehingga kelak harganya dapat bersaing ketika spesifikasi setir kanan dijual di benua kangguru.

Jika dibandingkan dengan Mustang yang menjadi unggulan Ford, langkah GM ini dinilai terlalu kaku dalam melihat situasi yang ada.

Sejak tahun 2016 silam, blue oval menggambil langkah berani untuk membuat Mustang setir kanan. Sambutan khalayak khususnya Australia cukup menggembirakan, mimpi buruk para fans Ford dengan dampak ditutupnya Ford Australia itu dapat terobati dengan Mustang setir kanan.

Meski begitu, andai kata GM memberikan restunya dan mensuport penuh Walkishaw, harga sebuah Camaro SS tetap saja akan lebih mahal dibandingkan dengan Ford Mustang GT.

Konversi setir yang dilakukan tetap akan membawa dampak pada harga jual yang lebih tinggi sekitar Rp 300 jutaan. Diperkirakan harga ini sudah termasuk juga facelift ringan ala HSV .

Pihak GM sendiri sebenarnya memiliki rencana untuk menjual Corvette generasi VIII dengan mesin tengah yang dilengkapi dengan pilihan setir kanan.

Corvette C7 setir kanan karya Walkinshaw

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com