Keputusan principal telah bulat bakal melahirkan Isuzu Panther generasi terbaru. Seperti apa nantinya MPV 7-penumpang yang mengusung tagline rajanya diesel ini?

Isuzu Akan Menghadirkan Panther Terbaru, Apa Keunggulannya Dibandingkan Yang Lawas?

 
Isuzu Akan Menghadirkan Panther Terbaru, Apa Keunggulannya Dibandingkan Yang Lawas?

Keputusan principal telah bulat bakal melahirkan Isuzu Panther generasi terbaru. Seperti apa nantinya MPV 7-penumpang yang mengusung tagline rajanya diesel ini?

Kabar menggembirakan datang dari klan Astra, Isuzu. Setelah mengandalkan MPV 7-penumpang bernama Panther sejak tahun 1991, keinginan perusahaan untuk memperbarui model andalan mereka bakal terwujud dalam waktu dekat.

Kabar tersebut dilontarkan langsung dari Direktur Pemasaran PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Joen Boediputra, beliau mengatakan, perusahaan memang sedang men-develop (Panther) dan berharap dapat meluncurkan mobil ini dalam waktu dekat.

Perlu diketahui, Isuzu Panther merupakan MPV yang masih mengandalkan ladder frame, hingga saat ini. Jika dibandingkan secara head to head MPV di kelasnya, hanya tinggal Kijang Innova yang juga dibangun dengan model rangka serupa.

Mengapa masih setia dengan ladder frame? Sementara MPV 7-penumpang lain seperti Mazda Biante, Nissan Serena, Mitsubishi Delica dan Toyota Nav1 sudah mengandalkan sasis monocoque.

Hal ini akan berimbas pada kenyamanan, di Indonesia yang notabene memiliki jalan yang tidak rata, kenyamanan akan terasa baik jika menggunakan ladder chassis, karena chassis tersebut dapat berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata.

Sementara monocoque sifatnya, getaran dari roda diteruskan oleh suspensi dan merambat langsung ke bodi kendaraan, inilah yang membuat kenyamanannya jadi berkurang kala melahap jalanan tidak rata.

Keyakinan tersebut juga membuat Isuzu yakin Panther generasi yang akan datang tetap mengandalkan ladder frame. Lalu, apa yang akan berubah pada generasi terbaru? Jika model tidak sepenuhnya berubah.

Secara tersirat Isuzu akan menghadirkan Panther dengan mesin baru. Ya, mesin diesel 1.900 cc turbo berteknologi baru berukuran kompak dan memiliki tenaga lebih baik dibandingkan mesin sekarang 2.500 cc yang memiliki tenaga 85 dk.

Mesin Blue Power tersebut serupa dengan yang digunakan D-Max dan MU-X baru di Thailand. Sayangnya, mesin ramah lingkungan tersebut masih belum cocok dengan bahan bakar di Indonesia, ini yang membuat Panther baru rasanya akan dijajakan di negara Asia lainnya terlebih dulu, seperti Filipina, Thailand dan Vietnam.

Dengan wacana tersebut, bukan tidak mungkin Panther baru akan mulai melenggang di Indonesia paling lambat tahun 2018 mendatang, itupun dengan catatan sudah ada bahan bakar diesel yang lebih baik. Sementara itu, pada tahun yang sama Isuzu juga akan meningkatkan penjualan mobil penumpang mereka, yang selama ini seakan tertidur.

Semoga saja Panther terbaru bakal segera hadir di Indonesia. Carreview.id juga akan mengupdate informasi terbarunya. Kita tunggu saja.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com