Ruas jalan tol menuju luar kota Jakarta diprediksi akan dipenuhi oleh ribuan kendaraan yang akan menghabiskan libur panjang akhir pekan. Jasa Marga siapkan rekayasa arus demi kelancaran pengguna tol.

Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Jelang Libur Panjang Akhir Pekan

 
Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Jelang Libur Panjang Akhir Pekan

Ruas jalan tol menuju luar kota Jakarta diprediksi akan dipenuhi oleh ribuan kendaraan yang akan menghabiskan libur panjang akhir pekan. Jasa Marga siapkan rekayasa arus demi kelancaran pengguna tol.

Arus lalu lintas jelang libur panjang akhir pekan mendatang (4/5 – 8/5) diramalkan akan padat, seperti libur Natal dan Tahun Baru 2015 lalu. Volume kendaraan dari dalam kota Jakarta diprediksi akan melonjak drastis pada ruas jalan tol menuju luar kota Jakarta, karena banyak warga ibu kota yang menggunakan mobil pribadi untuk mudik maupun berlibur.

PT Jasa Marga (Persero) sebagai penyedia ruas jalan tol di Indonesia, telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas yang bekerja sama dengan pihak kepolisian daerah terkait, menyambut libur panjang mendatang.

Begini rekayasanya sesuai dengan rilis yang diterbitkan oleh PT Jasa Marga (Persero)

Tempat Istirahat (Rest Area)

Buka tutup dan pengaturan parkir di Tempat Istirahat diberlakukan jika kepadatan sudah terjadi di dalam pemberhentian tersebut. Antara lain,  ruas Jakarta-Cikampek Km 19, Km 33 dan Km 39.

Sebaliknya, pada ruas Cikampek-Jakarta Km 62 dan Tempat Istirahat ruas Purbaleunyi Km 97 arah Jakarta. Sepanjang Kamis - Minggu (4-8/5) akan diberlakukan rekayasa seperti ini guna memperlancar pengguna ruas jalan tol lain.

Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama

Pada lalu lintas di seputar GT Cikarang Utama 1, akan dilakukan transaksi pemberian kartu tol oleh petugas Gerbang Tol.  

GT Cikarang Utama 2 yang semula untuk arus keluar, secara bertahap jika diperlukan, akan digunakan sebagai jalur masuk ruas Tol Cikampek.

Saat terjadi kepadatan arus mudik, lalu lintas yang masuk melalui GT Cikarang Barat 3 akan dialihkan kembali menuju GT Cikarang Barat 1 untuk memasuki ruas jalan tol.  

Saat terjadi kepadatan di arus balik pada, pengalihan arus lalu lintas melalui GT Cikarang Barat 2 akan di rekayasa dan diarahkan masuk kembali melalui GT Cikarang Barat 4.

Pengalihan Arus Cikunir

Simpang Susun Cikunir akan ditempatkan petugas guna mengatur lalu lintas yang akan menuju Cikampek.  Rencana melakukan pengalihan arus lalu lintas dilakukan di Ramp 5 Cikunir melalui  Kalimalang.

Contra Flow

Dalam kondisi darurat atau terjadi antrean panjang, dilakukan pengoperasian Contra Flow (lawan arah) pada sekitar wilayah Tempat Istirahat.

Saat kepadatan di arus mudik, akan dilakukan pada Km 14+000 sampai dengan 23+600 dan Km 35+000 sampai dengan 41+000 arah Cikampek.

Pada arus balik, rekayasa akan dilakukan pada Km 65+000 sampai dengan Km 50+000 dan Km 44+800 sampai Km 42+200 arah Jakarta.

Tol Cipularang

Saat arus balik di Km 66 dilakukan pengaturan lalu lintas oleh petugas dan memperpanjang dedicated lane untuk lalu lintas dari arah Tol Cipularang yang masuk bergabung ke ruas Tol Cikampek Jakarta.

Untuk meningkatkan layanan pengguna jalan tol sepanjang libur akhir pekan mendatang, PT Jasa Marga (Persero) menyediakan 244 Unit Layanan Jalan Tol di ruas tol yang dikelola.

Antara lain 97 unit kendaraan derek standar, 54 unit kendaraan layanan jalan tol, 22 unit ambulans, 14 unit kendaraan rescue, 57 unit Patroli Jalan Raya dan 2 unit kendaraan derek multiguna.

Untuk mempercepat penanganan gangguan perjalanan, bila dibutuhkan kendaraan multiguna akan  ditempatkan masing-masing 1 unit di GT Tambun Km 22 Ruas Jakarta–Cikampek dan 1 unit di Workshop Ruas Jakarta-Bogor-Ciawi.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com