Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang dibebankan pada sedan akan dicabut.

Kabar Gembira! Harga Mobil Sedan Akan Lebih Terjangkau, Ini Alasannya

 
Kabar Gembira! Harga Mobil Sedan Akan Lebih Terjangkau, Ini Alasannya

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang dibebankan pada sedan akan dicabut.

Mobil bergenre MPV memang masih mendominasi di pasar otomotif Indonesia hingga saat ini. Salah satu penyebabnya tentu karena pajak yang diberlakukan untuk kategori ini jauh lebih rendah dibandingkan sedan, hal tersebut membuat harga jualnya lebih ekonomis ketimbang mobil sedan.

Selain itu, pilihan sedan di tanah air juga tidak sebanyak mobil berjenis MPV. Di kelas sedan menengah yang merupakan pasar terbesar saja, hanya ada nama Toyota Vios yang tercatat dirakit di Indonesia, selebihnya merupakan mobil yang masuk secara CBU.

Oleh karena itu, produsen otomotif tanah air harus realistis dan mau tidak mau perlahan meninggalkan produksi sedan untuk bisa bertahan. Walaupun hal tersebut berimbas jenis produk yang dihasilkan di tanah air tidak akan bervariasi. Efek lebih jauh karena produknya tidak variatif, maka industri permobilan di Indonesia akan lebih sulit mengekspor ke pasar luar.

Kekhawatiran ini sebenarnya sudah lama menjadi perbincangan hangat antara pelaku industri otomotif dan pemerintah. Dan sepertinya, arah perbicangan tersebut sudah menemui kesepakatan.

Seperti dijelaskan oleh Menteri Perindustrian Indonesia, Airlangga Hartarto, bahwa mobil sedan akan keluar dari kategori barang mewah, sehingga tidak lagi dibebani Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) "Revisi ini sudah kita masukkan ke Kementerian Keuangan. Sehingga nanti sedan tidak lagi jadi barang mewah.

Dengan disyahkannya perundangan ini maka diharapkan industri otomotif tanah air akan bergerak positif, sehingga produksi sedan di tanah air akan meningkat.

Beberapa waktu sebelumnya, Jonkie D Sugiharto selaku ketua I Gaikindo mengatakan bahwa  industri otomotif Indonesia akan lebih kompetitif jika memiliki jenis produk yang lebih beragam. “Industri kita akan lebih luwes untuk ditawarkan di pasar internasional karena memiliki produk-produk yang dibutuhkan untuk berbagai pasar yang ada,” jelasnya.

 
Related
Updates

otodriver.com