Amerika Butuh 10 tahun untuk menjadikan kamera mundur sebagai peranti standar.

Kamera Mundur Jadi Standar Semua Mobil Di Amerika, Indonesia?

 
Kamera Mundur Jadi Standar Semua Mobil Di Amerika, Indonesia?

Amerika Butuh 10 tahun untuk menjadikan kamera mundur sebagai peranti standar.

Jika kita mengenal kamera mundur sebagai salah satu fitur opsional, maka hal ini berbeda dengan yang terjadi di Amerika.

Mulai bulan Mei 2018, otoritas di Amerika memberlakukan peraturan yang mengharuskan setiap mobil yang dijual di negeri tersebut telah dilengkapi dengan kamera mundur sebagai peranti standar.

Walau dikenal sebagai negara maju, namun ternyata proses standarisasi ini membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk memasukkan fitur tersebut. Pertama kali usulan ini muncul di akhir pemerintahan George W.Bush, namun usulan tersebut baru bisa diimplementasikan tahun ini.

Seperti dilansir Car and Driver  usulan standarisasi ini melibatan Departement Of Transportasi (DOT ) AS dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan lalulintas AS. Di mana kedua badan tersebut telah mengeluarkan rekomendasi sejak empat tahun sebelumnya mengenai standarisasi tersebut.

Kehadiran kamera mundur ini cukup membantu pengemudi untuk mengawasi bagian belakang mobil pada saat mobil mundur. Kehadirannya dapat menekan resiko kecelakaan akibat obyek tidak terlihat saat mobil mundur.

Permasalahan mengenai keterbatasan penglihatan di bagian belakang ini sebenarnya menjadi persoalan umum di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Lalu apakah langkah serupa akan diberlakukan di Indonesia? Kita tunggu saja perkembangannya.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com