Hanya terjadi pada varian CVT saja

Karena Ini Datsun Go Hengkang Dari LCGC

 
 Karena Ini Datsun Go Hengkang Dari LCGC

Hanya terjadi pada varian CVT saja

Kemunculan All New Datsun Go merupakan angin segar untuk mengenjot penjualan keluarga besar mobil murah milik Nissan ini. Opsi transmisi CVT yang dinantikan ternyata hanya disematkan pada model Go saja.

Pilihan CVT pada Go menyebabkan konsekuensi lain yakni keluarnya Datsun Go CVT dari daftar skema Low Cost Green Car (LCGC). Persoalannya tak melulu disebabkan oleh harga jual yang berada di atas angka Rp 120 juta, akan tetapi disebabkan oleh hal lain yakni kandungan lokal mobil menjadi kurang di batas yang telah ditentukan oleh pemerintah. Penyebabnya tak lain adalah jenis girboks CVT yang dipergunakannya.

"Berbeda dengan transmisi manual, unit gearboksnya sudah dirakit di dalam negeri sedangkan untuk girboks CVT harus diimpor bulat-bulat dari Nissan-Datsun di Thailand,” terang Masato Nakamura, Head of Datsun saat ditemui di launching New Go dan Go+ di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (07/05). "Selain itu harga unit CVT dibanderol lebih tinggi dari harga unit transmisi manual," lanjut Nakamura San.

Seperti halnya Datsun Cross, versi CVT Go memiliki output mesin yang lebih besar yakni 75 PS/6.000 rpm dan torsi 104 Nm/4.400 rpm. Namun pihak Datsun mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya lebih baik dibandingkan versi manual yang hanya mampu menyuguhkan daya 68 PS/5.000 rpm dan torsi 104 Nm/4.000 rpm. "Berdasar tes yang kami lakukan, kami dapatkan  hasil bahwa versi CVT lebih baik  konsumsi bahan bakarnya," terang Masayuki Ohsugi, General Manager R&D Nissan Motor Indonesia, pada kesempatan yang sama.

Transmisi CVT sejauh ini masih diimport bulat-bulat dari fasilitas Nissan di Thailand. Kondisi ini disebabkan karena perakitan girboks CVT harus dilakukan pada lokasi khusus di mana fasilitas ini belum dimiliki oleh Nissan-Datsun Indonesia. “Fasilitas perakitan girboks CVT ini harus benar-benar bebas dari debu. Selain itu ada persyaratan lain yang belum ada pada fasilitas kami di Indonesia,” imbuh Ohsugi San.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com