Peluncuran LaFerrari Aperta bertepatan dengan hari jadi Ferrari yang ke-70.

LaFerrari Aperta : Simbol 70 Tahun Kejayaan Ferrari

 
LaFerrari Aperta : Simbol 70 Tahun Kejayaan Ferrari

Peluncuran LaFerrari Aperta bertepatan dengan hari jadi Ferrari yang ke-70.

Muncul pertama kali di hadapan publik pada Paris Auto Show 2016 lalu, LaFerrari Aperta yang dibuat untuk menyambut 70 tahun Ferrari sebagai pembuat supercar, kali ini hadir untuk khalayak Indonesia, Kamis (20/4) di Serpong, Tangerang.

Supercar terbaru asal Maranello Italia ini memliki keunggulan teknologi, performa, serta desain dan dibuat hanya 209 unit. 

Aperta, yang dalam bahasa Italia berarti 'terbuka', memiliki dua pilihan atap yaitu atap keras berbahan karbon serta atap berbahan kanvas. Tentunya kedua atap ini dapat dilepas (dibuka).

Sedangkan sumber daya utama, berasal dari mesin konvensional berkonfigurasi V12 dan berkapasitas 6.600 cc, menghasilkan tenaga maksimum 800 dk serta torsi puncak 700 Nm.

Tenaga besar dari mesin konvensional ini, ditambah lagi motor listrik berdaya 163 dk dan torsi 200 Nm. Hasilnya, tentulah performa buas dengan total tenaga 963 dk, serta torsi sebesar 900 Nm.

“Kami sangat senang bisa membawa LaFerrari Aperta pada perayaan ulang tahun Ferrari yang ke 70 di Indonesia. Melalui mobil ini, Ferrari makin menegaskan eksistensinya sebagai brand supercar paling terkemuka di dunia,” papar Enrico Galierra selaku Chief Marketing dan Commercial Officer Ferrari, saat memperkenalkan LaFerrari Aperta di Tangerang, Banten.

Karena memiliki atap terbuka, LaFerrari Aperta memiliki beberapa perbedaan dengan versi atap tertutup.

Seperti sudut radiator dengan alur angin pelepasan panas yang mengarah ke bawah, ketimbang melalui bonnet, seperti pada umumnya dilakukan Ferrari. Hal ini dilakukan untuk mencegah suhu panas ke arah kabin.

Lantas, beberapa hal dilakukan untuk meningkatkan aerodinamika, karena absennya atap. Seperti kedua pilar yang dibentuk agar tekanan udara ke belakang baik, meski tanpa atap, kemudian di depan airdam lebih besar agar downforce lebih baik.

LaFerrari Aperta ini memiliki performa jempolan, sehingga beberapa media menyebutnya bukan sekadar supercar, melainkan hypercar.

Untuk meraih kecepatan 100 km/jam, Aperta hanya memerlukan waktu kurang dari 3 detik. Bahkan mobil dengan top speed 350 km/jam lebih ini, mencatat angka di bawah 7 detik untuk mencapai 200 km/jam.

Sementara, saat dipacu dari diam, tak perlu menunggu lama, dalam waktu 15 detik kemudian, angka di spidometer sudah menunjukkan kecepatan 300 km/jam! 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com