Discovery 5, salah satu legenda SUV dari Land Rover, baru saja diluncurkan di Indonesia. Kunci keunggulan 'Disco' terbaru ini, adalah bodi lebih aerodinamis dan lebih enteng.

Land Rover : Discovery 5 Meluncur Di Indonesia, Lebih Enteng Dari Pendahulunya

 
 Land Rover : Discovery 5 Meluncur Di Indonesia, Lebih Enteng Dari Pendahulunya

Discovery 5, salah satu legenda SUV dari Land Rover, baru saja diluncurkan di Indonesia. Kunci keunggulan 'Disco' terbaru ini, adalah bodi lebih aerodinamis dan lebih enteng.

Land Rover Discovery 5 resmi dipasaran di Indonesia hari ini, Senin (22/5). Namun, tidak seperti pasar lainnya, khusus Indonesia, hanya ditawarkan dengan satu line up saja, yakni kasta tertinggi dengan mesin bensin V6 Supercharged 3.000 cc. Sedangkan varian bermesin diesel sedang dipertimbangkan untuk segera menyusul.

Dibandingkan dengan para pendahulunya, Discovery 5 ini merupakan model yang mengalami re-imaging terbesar yang pernah ada dalam keluarga besar Discovery. Bodi khas yang boxy terpaksa disingkirkan dengan bentuk membulat dengan sudut lebih halus.

“Hal ini merupakan hal yang harus diambil oleh Land Rover untuk menjadikan Discovery 5 menjadi SUV yang lebih aerodinamis. Salah satu tujuannya untuk menekan konsumsi bahan bakar dan juga stabilitas yang lebih baik,” jelas Roland Staehler, Chief Operating Officer PT. Wahana Auto Ekamarga, selaku authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia.

Desain wajahnya maupun tarikan garis bodinya, kini memiliki kemiripan dengan Discovery Sport, yang memiliki basis serupa dengan Evoque.

Namun Discovery 5 ini, lebih mengedepankan sebuah SUV sejati, ketimbang Discovery Sport, yang lebih mengarah pada crossover. Salah satunya dapat terlihat dengan letak mesin melintang.

Posisi mesin ini umumnya digunakan pada mobil berpenggerak depan, meski Discovery Sport, merupakan mobil berpenggerak empat roda.

Sedangkan pada Discovery 5, masih kukuh mempertahankan sebagai tradisi SUV dengan mesin memanjang dan berpenggerak Full-Time 4 Wheel Drive.

Mesin V6 3.000 cc supercharged menjadi piihan satu-satunya versi Indonesia 
Wajah mirip dengan Discovery Sport

Discovery 5, memiliki bodi lebih kompak dari sebelumnya. Walau tak sebesar para pendahulunya, namun ciri khas Discovery dengan atap ‘punuk’ alias high roof di belakang, tetap dihadirkan sebagai signatur desain klasik Discovery.

Ciri lain yang tersisa, adalah desain aksen pintu belakan asimetris, sehingga posisi pelat nomor kendaraan, agak ke sebelah kiri. 

Letak pelat nomor khas Discovery.

Pembaruan lain di luar bodi yang lebih aerodinamis dan tampilan modern, adalah bobo yang lebih enteng hampir ½ ton dibandingkan dengan model sebelumnya. Hasil ini diperoleh berkat aplikasi rangka bodi aluminium, tak seperti sebelumnya yang menggunakan baja.

Bodi lebih enteng ini, memberikan keuntungan pada performa dan tentunya efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Satu-satunya yang agak mengganjal di mata penggemar Disco sejati adalah desain khas bodi kotaknya.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com