Walau hanya menunjukkan gambar wajah saja, namun berdasarkan beberapa rendering yang telah tersebar, dapat diasumsikan bahwa Discovery 5 ini akan hadir dengan perubahan desain yang radikal.

Land Rover: Discovery 5 Muncul Dengan Perubahan Desain Radikal

 
Land Rover: Discovery 5 Muncul Dengan Perubahan Desain Radikal

Walau hanya menunjukkan gambar wajah saja, namun berdasarkan beberapa rendering yang telah tersebar, dapat diasumsikan bahwa Discovery 5 ini akan hadir dengan perubahan desain yang radikal.

Generasi 3 Land Rover Discovery akan debut di Paris Motor Show 2016 akhir September ini. Sebelumnya pabrikan asal Solihul Inggris ini merilis gambar teaser penampilan depan dari  SUV besar 7 penumpang ini.

“Discovery baru ini bertrasnsformasi menjadi SUV besar,” kata Gerry McGovern,selaku Land Rover Chief Design Officer. “Dari sisi barbagai sisi, Discovery mengalami revolusi DNA yang membuatnya menjadi SUV yang sangat menarik, sangat fleksibel dengan kemampuan yang besar,” lanjut McGovern.

Dari segi struktur, disebutka bahwa Disco 5 ini akan menggunakan struktur bodi dan sasis aluminium yang diambil dari Range Rover Sport. Sehingga Discovery 5 akan berbobot badan lebih enteng dibandingkan generasi sebelumnya.

Mengenai desain, sejauh ini Land Rover hanya menyodorkan gambar tampilan depan sebagai gambar resmi. Desain bagian muka nampak lebih pipih dan lancip jauh berbeda dengan model-model sebelumnya yang cenderung mengkotak. Sekilas penampilan depannya lebih mirip pada sosok Discovery Sport dan Range Rover Sport.

Disain mengkotak pada Discovery segera sirna
Bodi lebih halus, pipih dan bobot ringan menjadi ciri Discovery 5

Namun sebenarnya selentingan akan sosok Discovry 5 ini telah gentayangan di berbagai media, termasuk foto-foto spyshot. Gambar rekayasa sampai bentuk utuh sekalipun sudah ramai beredar.

Jika mengacu pada gambar-gambar yang telah tersebar itu maka perubahan pada desain bodi cukup mencolok dibandingkan dengan model sebelumnya. Bahkan boleh dikatakan bahwa Discovery 5 ini mengeliminasi hampir semua ciri yang sebelumnya diwariskan dari generasi awal hingga Discovery 4.

Discovery 5 akan kehilangan ‘punuk’ berupa atap yang lebih tinggi pada bagian belakang, walau masih disisakan, namun ukurannya menjadi sangat pendek sehingga nyaris hilang.

Demikian pula jendela kaca di antara pilar C dan D tak lagi nampak menjulang melewati tinggi jendela lainnya.

Jika hingga Discovery IV menggunakan lampu belakang vertikal, namun pada pada model anyar ini lampu menjadi horizontal sehingga ciri khas Discovery dari belakang akan sirna.

Walau pun terdapat kemungkinan desain akan akan berbeda dengan yang telah carreview.id asumsikan, namun tidak akan jauh dari apa yang telah kami duga.

Sejauh ini pun pihak Land Rover masih bungkam mengenai mesin dan perangkat transmisinya

Penasaran? Kita tunggu tanggal mainnya di 28 September ini.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com