Mazda bersiap kembali menghadirkan mesin rotari dengan inovasi baru yang dilabeli nama SkyActiv-R. Seperti apa performanya?

Mazda RX-9 : Gunakan Mesin Rotari Hybrid, Cara Kerjanya Mirip Mesin BMW i3

 
Mazda RX-9 : Gunakan Mesin Rotari Hybrid, Cara Kerjanya Mirip Mesin BMW i3

Mazda bersiap kembali menghadirkan mesin rotari dengan inovasi baru yang dilabeli nama SkyActiv-R. Seperti apa performanya?

Keputusan Mazda menghidupkan kembali mesin rotari sudah semakin dekat. Pasalnya, pada tahun 2019 Mazda menargetkan hadirnya mobil dengan mesin rotari yang santer disebut-sebut bakal hadir pada model RX-9.

Seperti diwartakan oleh autonews.com (14/10), Mitsuo Hitomi, kepala powertrain global Mazda, mengatakan mesin rotari akan berperan sebagai mesin penambah jarak tempuh dari sebuah mobil bertenaga baterai.

Sehingga jangan disamakan dengan RX-7 ataupun RX-8, lantaran performa generasi anyar mesin rotari yang dilabeli sebagai SkyActiv-R ini tidak akan kontan memuntahkan daya ke roda, melainkan harus melalui motor listrik terlebih dahulu. Sepintas konsep ini memiliki kesamaan dengan BMW i3.

“Mesin rotary sangat ideal sebagai pelengkap jangkauan karena memiliki ukuran yang kompak serta mampu mengail daya yang cukup kuat, sekaligus menghasilkan getaran rendah,” jelas Hitomi

“Nantinya kita akan memiliki dua model mesin sekaligus, yakni mesin hibrid dan full elektrik,” ungkap Akira Kyomen, manajer program untuk pengembangan kendaraan Mazda.

“Listrik murni akan menargetkan pasar seperti Jepang, Eropa dan China, di mana EV bisa bertahan dengan jarak yang lebih pendek.,” jelas Kyomen. “Sedangkan mesin hibrid dengan rentang extender dirasa cocok dengan kondisi di Amerika Utara dan pasar lain yang rata-rata pengguna mobil menempuh jarak lebih jauh untuk tiap harinya,” tutup Kyomen.

Kembali ke RX-9. Apakah mobil ini akan menyuguhkan kesenangan mengemudi khas mesin rotari seperti RX-8?  Kita tunggu saja perkembangannya.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com