PT Eurokars Motor Indonesia akhirnya kembali memperkuat line up mobil MPV mereka dengan menghadirkan Mazda 5. Apa saja keunggulan mobil dengan pintu geser ini?

Mazda5 : MPV Dengan Harga di Bawah Rp 400 Juta Lawan Toyota NAV1

 
Mazda5 : MPV Dengan Harga di Bawah Rp 400 Juta Lawan Toyota NAV1

PT Eurokars Motor Indonesia akhirnya kembali memperkuat line up mobil MPV mereka dengan menghadirkan Mazda 5. Apa saja keunggulan mobil dengan pintu geser ini?

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor mobil Mazda di Indonesia, hari ini, Selasa (14/3) memperkenalkan line up anyar yang dijual di pasar otomotif Indonesia mulai tahun ini.

Dari lima model yang resmi melantai di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, ada sebuah MPV tiga baris yang cukup menarik untuk dibahas.

Mengapa demikian? Karena bentuknya terlihat simpel dan dilengkapi dengan pintu geser serta captain seat khas MPV premium.

Meski begitu, di Indonesia mobil ini sudah tidak memiliki lawan sepadan, karena rival yang setara, yaitu Toyota NAV1 sudah disuntik mati penjualannya oleh PT Toyota Astra Motor pada tahun lalu.

Jika membahas dimensinya, Mazda5 punya ukuran panjang 4.585 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.615 mm dengan wheelbase 2.750 mm, hasil tersebut lebih mungil ketimbang NAV1 yang difasilitasi 4.600 mm x 1.695 mm x 1.850 mm dan sumbu roda 2.825 mm.

Lalu, bagaimana dengan bagian eksteriornya?

Melihat bagian depan Mazda5, Anda akan menemukan kesamaan dengan Mazda2 generasi ketiga yang secara visual tampak seperti orang tersenyum. Desainnya terlihat sedikit lawas, ketimbang Mazda lain yang beredar sebelumnya.

Selain bumper bulat melengkung, lampu depan juga masih menggunakan bohlam halogen.

Kemudian, wajahnya dipermanis grill plastik dan foglamp yang terletak di sisi kanan serta kiri bumper. 

Bentuk depan yang terlihat simpel ternyata berlanjut hingga rupa belakang Mazda5.

Jika logo Mazda dihilangkan, Anda mungkin membayangkan ini adalah sebuah Daihatsu Luxio modifikasi dengan stop lamp dan lampu mundur yang desain bertumpuk.

Sementara itu, Mazda5 dilengkapi dengan pelek ring 16 yang dibungkus ban Toyo berukuran 205/55R16, artinya lebih besar dibanding NAV1 dengan pelek ring 15-nya.

Jika Anda bosan melihat bentuknya yang terlalu Boxy, mungkin perlu segera masuk ke dalam kabin guna merasakan kenyamanan di dalamnya. 

Yap, sebagai MPV menengah Mazda5 punya segudang fitur yang mampu menghadirkan kenyamanan ekstra ketika Anda harus berlama-lama di dalamnya.

Sebagai pengemudi, Anda dapat mengoperasikan audio dari lingkar kemudi. Oya, setir yang bisa diatur ke atas-bawah (tilt) dan maju-mundur (telescopic) ini juga telah dilengkapi dengan fitur Electronic Hydraulic Power Assist Steering (EHPAS) yang membuat pengendaliannya lebih responsif.

Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi kursi yang cukup tebal, sehingga Anda tidak mudah pegal ketika mengendarainya berjam-jam.

Selain itu, Anda bisa memperoleh posisi duduk terbaik dengan pengaturan ketinggian dan maju mundur di kursi. Sayangnya, baik kursi baris pertama dan kedua hanya dapat diatur secara manual.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi penumpang yang duduk di baris kedua ataupun ketiga tidak perlu khawatir, karena mobil ini dianugerahi dengan sliding door dan captain seat.

Hal tersebut membuat akses masuk ke dalam kabin menjadi lebih mudah. Ditambah posisi duduk semakin nyaman berkat captain seat, karena ada spasi yang lapang antar kursi.

Pintu sliding door tersebut juga bisa dibuka dan ditutup secara otomatis dari posisi pengemudi, lewat pengaturan yang terletak di sebelah setir.

Yang istimewa, pada jok baris pertama dan baris kedua telah dilengkapi arm rest dan cup holder.

Tak lupa agar kabin belakang tetap sejuk, Mazda5 juga telah dilengkapi dengan double blower. Hanya saja, letaknya di bawah atau menjadi console box depan.

Kemudian, sebagai mobil keluarga tentunya Mazda5 memiliki kapasitas bagasi yang cukup baik.

Jika kursi baris ketiga dilipat, Anda memiliki volume bagasi mencapai 426 liter, sementara kapasitasnya mengecil hingga 112 liter ketika kursi baris ketiga ditegakan.

Lalu, bagaiamana untuk urusan jantung pacu?

Mazda 5 dipersenjatai dengan mesin SkyActiv-G berkapasitas 1.998 cc yang mampu menyemburkan tenaga puncak 148 dk/6.000 rpm, dan punya torsi tertinggi190 Nm/4.100 rpm yang disalurkan melalui transmisi SkyActiv otomatis 6-percepatan.

Sementara, NAV1 dibekali mesin 3ZR-FAE bertenaga maksimum156 dk/6.200 rpm dengan torsi maksimal mencapai 196 Nm/1.956 Nm yang dikawinkan dengan transmisi CVT otomatik 7 percepatan.

Dapat dikatakan tenaga dan torsi yang dimiliki Mazda5 lebih kecil dibandingkan dengan NAV1. 

Selain itu, mobil ini memiliki berat 1.535 kg, berbanding NAV1 dengan 1.580 kg.

Meski sudah resmi diperkenalkan, sayangnya pihak Eurokars belum juga merilis harganya.

Bocorannya, Mazda 5 bakal dibanderol Rp 380-390 juta, di bawah harga NAV1 saat dipasarkan yang dilabeli Rp 401-420 juta.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com