Tahun ini Toyota Hilux memasuki usia ke-50, sebanyak 8 generasi telah lahir dan dipasarkan di seluruh bagian dunia. Berikut ini, delapan fakta menarik Hilux

Menilik Sejarah Toyota Hilux di Dunia Yang Kini Ultah Ke-50

 
Menilik Sejarah Toyota Hilux di Dunia Yang Kini Ultah Ke-50

Tahun ini Toyota Hilux memasuki usia ke-50, sebanyak 8 generasi telah lahir dan dipasarkan di seluruh bagian dunia. Berikut ini, delapan fakta menarik Hilux

Tahun ini Toyota Hilux genap berusia 50 tahun. Menurut sejarah, salah satu mobil tertangguh di dunia ini telah eksis selama delapan generasi.

Berikut fakta unik seputar Toyota Hilux : 

1. Toyota Hilux generasi awal hingga VI dirakit di fasilitas milik Hino di Hamura, Jepang. Hino sendiri merupakan divisi kendaraan berat milik Toyota.

2. Sejarah Hilux di Indonesia dimulai sejak kemunculan generasi perdana. Tidak diketahui secara pasti bagaimana pick up ini masuk ke pasar nasional kita, namun unit generasi pertama yang juga disebut sebagai Toyota Stout ini pernah dijumpai mengaspal di jalanan tanah air. Keberadaan generasi perintis ini konon sebagai mobil bantuan dari Jepang.

Toyota SR5 XtraCab dalam film Back To The Future
Hilux Gen IV, terakhir yang dirakit di Jepang

Kesimpulannya, Hilux Generasi pertama tidak pernah resmi dipasarkan secara luas di Indonesia.

3. Generasi II masuk pada pertengahan tahun 70-an dan kiprahnya cukup singkat rampung di akhir 70-an. Konon kiprah pick up yang satu ini terpaksa dihentikan guna memberikan jalan bagi sang adik yakni Toyota Kijang.

4. Sampai saat ini hanya tiga generasi Hilux yang resmi dijajakan di Indonesia yakni Gen II, VII dan VIII.

5. Varian 4x4 baru diperkenalkan pada akhir tahun 1978 bertepatan lahirnya di generasi III. Gnerasi III khusus pasar Amerika Utara nama Hilux dihapus dan diganti dengan Toyota Pick Up lalu berubah lagi menjadi Toyota SR5.

6. Varian stationwagon muncul, tepatnya pada generasi IV (1984-1988) yang disebut sebagai Hilux Surf. Di pasar Australia, Amerika Utara dan Inggris dikenal sebagai 4Runner.

7. Nama Hilux sepenuhnya dihapus di pasar Jepang pada 2005, tepatnya pada generasi VI. Demikian pula dengan produksinya di Hamura, Jepang pun distop.

8. Setelah vakum selama nyaris 13 tahun, pada tahun 2017 silam, Hilux kembali memasuki pasar Jepang.

 
Related
Updates

otodriver.com