Honda akan memperkenalkan generasi kelima Odyssey untuk pasar benua Amerika, apa perbedaannya dibandingkan versi Indonesia?

Odyssey Model 2018 Mendarat di NAIAS, Seperti Apa Bedanya Dengan Versi Indonesia?

 
Odyssey Model 2018 Mendarat di NAIAS, Seperti Apa Bedanya Dengan Versi Indonesia?

Honda akan memperkenalkan generasi kelima Odyssey untuk pasar benua Amerika, apa perbedaannya dibandingkan versi Indonesia?

Pada gelaran North American International Auto Show (NAIAS) yang berlangsung tanggal 8-22 Januari 2017 mendatang, pabrikan asal Jepang, Honda telah menyiapkan model baru dari Odyssey.

Menelisik sejarahnya, Honda Odyssey adalah sebuah minivan yang diproduksi sejak tahun 1994, dipasarkan di seluruh dunia, dan sekarang telah memasuki generasi keempat & kelima untuk pasar Amerika dan Jepang.

Sejauh ini, pasar Amerika baru menjual empat model Odyssey, tidak sebanyak Jepang yang telah menelurkan lima model.

Oleh sebab itu, panggung NAIAS atau yang biasa disebut Detroit Motor Show akan dipilih sebagai lokasi peluncuran Odyssey generasi kelima untuk Benua Merah.

Jika ditarik benang merah silsilah Odyssey, maka Indonesia mengikuti model dari principal Jepang, dengan telah menjual generasi kelima di tanah air hingga saat ini.

Selera dan kebutuhan pasar di benua Amerika dan Asia telah membuat bentuk dan dimensi Odyssey jauh berbeda.

Di Amerika, Odyssey justru masuk ke dalam kelas Large MPV, dengan dimensi yang lebih besar. Sementara itu, bentuk yang lebih compact justru dipasarkan di Jepang dan negara lainnya termasuk Indonesia.

Penasaran akan seperti apa model generasi kelima yang akan diperkenalkan untuk benua Amerika? Lalu apa saja perbedaannya dengan Odyssey yang telah melenggang di tanah air?

Kabar terbaru yang beredar, Honda Odyssey model 2018 akan dilengkapi dengan mesin baru, selain itu ada juga fitur keselamatan tambahan.

Pergerakan cepat Honda di benua Amerika disinyalir karena para pesaingnya seperti Chrysler Pacifica dan Toyota Sienna telah tampil lebih modern.

Secara dimensi, model benua Amerika memiliki wheelbase lebih panjang yaitu 3.000 mm, sementara model di Indonesia hanya 2.900 mm.

Lalu jika berbicara panjang, lebar dan tinggi, Odyssey model pasar Amerika memiliki dimensi 5.154 mm x 2.012 mm x 1.737 mm, sementara model di Indonesia PxLxT : 4.830 mm x 1.820 mm x 1.685 mm.

Meskipun spesifikasi mesin baru Odyssey versi Amerika belum juga dirilis hingga saat ini, tapi jika mengacu pada model sebelumnya, kapasitas mesin Odyssey untuk pasar Amerika dengan pasar Indonesia atau Jepang akan sangat berbeda.

Generasi keempat yang masih dipasarkan di Amerika hingga saat ini mengusung powertrain V6, 3.500 cc dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Sedangkan di Indonesia dan Jepang, Odyssey generasi kelima dihadirkan dengan mesin 2.400 cc, DOHC i-VTEC, yang dikawinkan dengan transmisi CVT 7-percepatan.

Model generasi keempat pasar Amerika
Model generasi kelima Indonesia (JDM)

Hasil tersebut membuat kami berprediksi Odyssey pasar Amerika akan dilengkapi powertrain yang sama dengan Honda Accord dengan mesin V6 berkapasitas 3.500 cc juga dari keluarga Earth Dreams.

Tenaganya mampu mencapai 278 dk/6.200 rpm dan torsi puncak 342 Nm/4.900 rpm.

Sementara untuk tingkat keselamatan, National Highway Traffic Safety Administration merilis Honda Odyssey meraih Safety Score: 9,7 / 10 dan Overall rating mendapatkan lima bintang.

Jika benar Odyssey terbaru akan mendapatkan fitur keselamatan yang lebih baik, bukan tidak mungkin safety score akan bernilai 10/10 atau sempurna.

Yang mengejutkan, untuk membuat penyegaran desain pada generasi kelima pada Odyssey Amerika. Honda justru mempercayakan empat desainer cilik asal Ohio.

Hasil rendering yang beredar
Hasil desainer cilik asal Ohio

"Kami ingin sedikit bersenang-senang dengan berbagi beberapa gambar dari anak-anak dari anggota tim Odyssey, karena mereka memiliki inspirasi untuk membentuk sebuah mobil ramah untuk keluarga,” ucap  Chad Harrison, chief engineer Honda R & D Amerika dan pemimpin pengembangan Odyssey baru.

 
Related
Updates

otodriver.com