"Jangan halangi investor di Indonesia," ujar Presiden Jokowi dalam pidato peresmian pabrik perakitan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, di Bekasi, Selasa (24/4) lalu.

Pabrik Mitsubishi Penyerap 3 Ribu Tenaga Kerja Telah Diresmikan Presiden Jokowi

 
Pabrik Mitsubishi Penyerap 3 Ribu Tenaga Kerja Telah Diresmikan Presiden Jokowi

"Jangan halangi investor di Indonesia," ujar Presiden Jokowi dalam pidato peresmian pabrik perakitan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, di Bekasi, Selasa (24/4) lalu.

"Saya sering mengatakan bahwa investasi itu penting. Oleh sebab itu, investor jangan dipersulit agar ekonomi kita bergerak dan supaya makin banyak rakyat kita yang mendapatkan pekerjaan. Karena investasi itu bisa membuka lapangan kerja," ujar Presiden.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi, dalam pidatonya kala meresmikan pabrik perakitan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), yang memiliki kapasitas produksi 160.000 unit per tahun, saat meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Pasar Ranji Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4) lalu.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BKPM Thomas Lembong, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar serta Chairman of Mitsubishi Motors Carlos Ghosn. Osamu Masuko, Chief Executive Officer MMC.

Simbolis peresmian pabrik

 

"Saya harap alih teknologi, alih pengetahuannya juga diperhatikan. Terus lakukan pelatihan untuk SDM lokal. Bagus juga bila disiplin yang tinggi dalam budaya kerja SDM-SDM Jepang bisa ditularkan kepada SDM Indonesia. Jangan ragu untuk melibatkan putra-putri Indonesia dalam melahirkan inovasi-inovasi baru. Karena SDM Indonesia itu aslinya pintar-pintar semua," kata Kepala Negara.

Pabrik manufaktur baru di Indonesia dengan nilai investasi 65 miliar Yen (US$ 565 juta) ini, mulai beroperasi setelah proses pembangunan yang berlangsung selama 2 tahun yang didukung oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ini selesai.

MMKI merupakan pabrik yang didirikan bersama oleh MMC, Mitsubishi Corporation (MC), dan PT Krama Yudha (KY) sebagai mitra di Indonesia.

Rombongan presiden melakukan Plant Tour

Saat ini, pabrik di kawasan Deltamas GIIC ini, mampu menyerap 3.000 orang tenaga kerja, di mana terbagi dengan 100 orang pekerja asal Jepang dan 2.900 orang putra bangsa Indonesia.

Pabrik ini akan mulai memproduksi Sport Utility Vehicle (SUV) MMC yang sangat populer, Pajero Sport, kemudian dilanjutkan oleh MPV 7-seater baru dan kendaraan niaga ringan Colt L300.

Pajero Sport Dakar Ultimate yang pertama dirakit di pabrik ini

Pembukaan pabrik di Bekasi ini merupakan bagian dari strategi pengembangan bisnis MMC di wilayah ASEAN, dimana MMC juga memproduksi kendaraan di Thailand dan Filipina.

Rencana pengembangan perusahaan didukung oleh Nissan, yang menguasai 34% saham grup otomotif pada 2016 ketika MMC bergabung menjadi anggota aliansi global Renault-Nissan Alliance.

Carlos Ghosn, Chairman of MMC and the Renault-Nissan Alliance, mengatakan pabrik ini merupakan representasi kepercayaan diri kami di Indonesia, di wilayah ASEAN dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors.

Carlos Ghosn. Representasi kepercayaan diri kami

"Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di salah satu wilayah dan kekuatan ekonomi terbesar yang akan menjadi basis produksi dan ekspor yang kuat untuk aliansi kami yang sedang berkembang,” kata Ghosn.

Osamu Masuko, chief executive dari Mitsubishi Motors menambahkan, bahwa fasilitas perakitan Bekasi merupakan simbolisasi ambisi kami untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Di mana pabrik ini akan memproduksi kendaraan best-selling Pajero Sport dan MPV baru untuk memenuhi permintaan akan kendaraan penumpang berkualitas tinggi, tangguh dan dapat diandalkan.

"Hal ini memungkinkan kami untuk mengembangkan porsi pasar di mana kami telah berada selama lebih dari 45 tahun,” ujar Masuko-san.

MMC diharapkan dapat berkontribusi melalui keahliannya pada produk SUV, truk pick-up dan pasar ASEAN untuk aliansi global Renault-Nissan.

Dengan bergabungnya MMC, aliansi ini telah menjadi grup otomotif terbesar ketiga di dunia dengan penjualan kurang lebih 10 juta unit per tahun

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com