Impresi kami mengendarai Volvo FH16 di Sentul, Jawa Barat.

Seperti Ini Rasanya Mengendarai Monster Bertorsi 2.800 Nm

 
Seperti Ini Rasanya Mengendarai Monster Bertorsi 2.800 Nm

Impresi kami mengendarai Volvo FH16 di Sentul, Jawa Barat.

Tenaganya hanya 610 PS, terasa besar namun masih banyak yang lebih besar dari angka tersebut. Namun, kailan torsinya sebesar 2.800 Nm yang didapat hanya pada putaran mesin 1.000-1.500 rpm membuat tarikannya sangat luar biasa.

Volvo FH16 adalah yang kami maksud, dan kami telah berkesempatan mencicip kedigdayaannya dalam acara pembukaan Volvo Driver Challenge 2018 di Sentul, Jawa Barat, Rabu (24/07). Karena dimensinya, FH16 hanya boleh beroperasi di daerah tambang ataupun site perkebunan, karena termasuk illegal jika digunakan di jalan raya.

Dari sisi penampilan eksteriornya tergolong cukup mencolok. Dimensinya yang cukup besar dibandingkan dengan truk lain langsung menjadi magnet perhatian. Untuk sekedar naik ke atas kabinnya saja, para penguji harus menaiki tangga khusus yang ditempatkan di bawah kabin.

Yang sangat menarik, truk ini dilengkapi dengan standar keselamatan tinggi dan teknologi terdepan, sebut saja V-shaped Daytime Running Light (DRL), Anti-Lock Braking System (ABS), AC, power steering, electronic parking brake, air suspended seat untuk pengemudi, cruise control, tilt and telescopic steering position, three-point safety belt dan sebuah alat semacam black box menjadi standar truk ini telah tersemat di dalamnya.

Bahkan, bisa juga ditambahkan airbag jika memang dibutuhkan. Tak  ketinggalan, di belakang jok pengemudi terdapat dua tempat tidur bertingkat yang mewah.

Untuk membantu memantau kondisi luar, FH16 juga dilengkapi dengan dua spion di sebelah kanan dan tiga spion di sebelah kiri. Kehadirannya cukup membantu memangkas blind spot yang dimiliki truk ini.

Mesin 8 silinder inline berkapasitas 16.000 cc terdengar halus dari dalam kabin. Muntahan dayanya disalurkan melalui transmisi i-Shift 12 speed dengan 4 speed untuk gigi mundur. Transmisi i-Shift ini memiliki cara kerja yang sama dengan model transmisi AMT (Automatic Manual Transmission). Yes…basis transmisi ini adalah manual yang perpindahannya diatur sepenuhnya oleh komputer dan aktuator.

Spesifikasi yang terdengar mengerikan ini langsung sirna saat saya mulai mengemudikannya. Tractor head ini jauh lebih mudah dikendarai dari perkiraan saya sebelumnya. Tak perlu waktu lama untuk mengoperasikan truk ini.

Semua instrument terbaca dengan baik demikian pula sisi kanan dan kiri kendaraan. Hanya saja saja bagian yang perlu penyesuaian lebih lama adalah tidak terpantaunya areal belakang karena memang tidak ada jendela yang mengarah ke sana.

Dalam mode full automatic, truk asal Swedia ini start menggunakan gigi 3 dan dalam kecepatan 30-35 km/jam dengan jarak kurang dari 300 m indikator transmisi sudah menunjukkan posisi gigi 10.

Dalam pengalaman singkat ini kami berkesempatan untuk melakukan gerakan zig-zag, mundur dan harus berhenti di dalam kotak yang telah ditentukan. Di mana kesemuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Walau tak seempuk dan senyaman sedan, namun untuk ukuran truk Volvo FH16 jauh melebihi ekspektasi dalam kenyamanannya.  

Kabin mewah dan dilengkapi dengan jok bersuspensi udara 
Nanjak dulu sebelum masuk kabin 
i-shift cukup mudah dioperasikan. 
Perlu banyak spion untuk pantau kiri dan kanan truk 

MesinKode : D16C610

Kapasitas : 16.000 cc

Jumlah silinder : 8 silinder segaris

Tenaga Maksimum : 610 hp pada 1.600-1.700 rpm (flat)

Torsi Maksimum : 2.800 Nm pada 1.000-1.500 rpm (flat)

Sistem engine brake : Volvo Engine Brake (VEB+), Auto/Manual

Transmisi

Kode : ATO3112D

Transmisi : I-Shift, Automated, oberdrive (6x4)

Tipe : 12 gigi maju, 4 gigi mundur

Rasio Girboks : 11.73-0.78

Kopling : Single plate clutch 430 mm

Rasio Gigi Akhir : 5.41

Suspensi

Depan : 3 leaf-front parabolic suspension

Belakang : Multi-leaf suspension

 
Related
Updates

otodriver.com