Pemesanan awal setelah peluncuran, banyak yang suka Xpander bertransmisi otomatis. Namun rupanya ada pergeseran, kini yang bertransmisi manual pun cukup digemari.

Setengah Penggemar Xpander Lampung Ternyata Suka Manual

 
Setengah Penggemar Xpander Lampung Ternyata Suka Manual

Pemesanan awal setelah peluncuran, banyak yang suka Xpander bertransmisi otomatis. Namun rupanya ada pergeseran, kini yang bertransmisi manual pun cukup digemari.

Kehadiran dealer 3S baru di Lampung, Budi Berlian Motor, menandakan potensi pasar cukup baik di Provinsi paling selatan Sumatera. Disebutkan oleh Ilham Iranda S, Head of Sales & Marketing Region 3 Departement PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), bahwa saat ini Xpander ditargetkan mendapat 25% dari pasar Low MPV di Lampung.

"Saat ini, rata-rata per bulan antara 330-380 unit di area Lampung. Jadi kira-kira target kami sekitar 70an unit per bulan," buka pria berkacamata minus ini mengenai target awal Xpander di Lampung. Unit memang sudah mulai dikirim kepada pemesan, namun uniknya, terjadi pergeseran tipe yang digemari.

Masih menurut Ilham, sesaat setelah launching, pemesanan Xpander yang diterima didominasi oleh tipe tertinggi, Ultimate. Namun ternyata setelah beberapa bulan berjalan, terjadi pergeseran tipe, terutama pada jenis transmisi yang dipakai.

Hal ini diamini Hermanto Budiman, Direktur Budi Berlian Motor yang baru saja menambah satu dealer, melengkapi lima dealer Mitsubishi yang mereka operasikan. "Pemesanan terakhir, perbandingan antara Xpander bertransmisi manual dan otomatis adalah 50:50," jelasnya seraya menyebut warna putih dan hitam yang paling digemari di Lampung.

Karakteristik lalu lintas dan jalanan Lampung, mungkin jadi penyebabnya. Dengan tingkat kemacetan rendah dan lalu lintas relatif lengang, ditambah kontur jalan naik turun memang memberikan kenikmatan tersendiri buat mobil bertransmisi manual.

Efek dari meratanya permintaan antara manual dan otomatis, berdampak pada pengiriman unit. Karena MMKSI lebih banyak menerima pesanan varian tertinggi, Ultimate , yang bertransmisi otomatis, maka pemesan unit bertransmisi manual bisa mendapatkan lebih cepat.

Saat ini, peredaran Xpander di Lampung per bulan dilayani oleh dua grup dealer yang fokus pada mobil komersial. Kedua dealer saat ini menerima pemesanan sekitar 1.100 unit Xpander. Maka, dipastikan tidak ada stok MPV Mitsubishi itu di Lampung. Jika Anda memesan sekarang, kemungkinan bisa terima unit setelah Maret atau April.

Masih tetap berminat? Berarti Anda bisa mendapatkan program promo Mitsubishi yang diperpanjang dari Oktober kemarin sampai Desember nanti. "Harga juga masih sama kalau Anda pesan sampai dengan Desember. Akan tetap mengikat, meskipun Anda terima unit produksi 2018," tambah Osamu Iwaba, Director of Sales and Marketing Division PT. MMKSI.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com