Sasis tangga dan gardan solid fokus sebagai SUV dengan kemampuan off-road kelas berat.

Suzuki All New Jimny Tetap Tangguh untuk Off-Road Kelas Berat, Ini Alasannya

 
Suzuki All New Jimny Tetap Tangguh untuk Off-Road Kelas Berat, Ini Alasannya

Sasis tangga dan gardan solid fokus sebagai SUV dengan kemampuan off-road kelas berat.

Suzuki merupakan pabrikan yang cukup unik dalam menjaga komposisi produknya.

Di saat mayoritas pabrikan melakukan migrasi dari sosok SUV tradisional menjadi crossover modern, pabrikan yang bermarkas besar di Hamamatsu, Jepang ini justru memiliki resep lain. Generasi IV Jimny yang  tetap hadir sebagai SUV tradisional dengan konstruksi sasis tangga dan gardan solid.

Konstruksi tradisional ini tersingkap lebar seiring diperkenalkan SUV ini pada tanggal 5 Juli 2018 di Jepang. Sejumlah gambar yang tersebar di dunia maya menguatkan hal tersebut. Dengan demikian, Suzuki Jimny merupakan sedikit dari SUV yang masih bertahan dengan struktur ini.

Seperti diketahui, saat ini hanya tinggal Jeep Wrangler dan Land s Cruiser 70 Serie saja yang masih setia menggunakan komposisi ini. Sedangkan Mercedes-Benz G-Class resmi menanggalkan gardan solid pada bagian depan, beralih menjadi Independent Front Suspension (IFS). Sementara Land Rover Defender diterminasi beberapa tahun sebelumnya.

SUV dengan sasis tangga dan gardan solid merupakan SUV yang lebih fokus pada kemampuan off-road kelas berat yang sedikit mengesampingkan faktor kenyamanan.

Seperti halnya generasi sebelumnya, Jimny diperkenalkan dalam dua varian model yakni Kei-car bermesin 660 cc dan reguler bermesin 1500 cc. Keduanya dapat ditengarai perbedaannya lewat beberapa hal. Selain mesin versi Kei-car dapat ditandai dengan penggunaan sumbu gardan lebih sempit (narrow), tanpa overfender dan ukuran pelek 16 inci. Sementara versi reguler menggunakan pelek berukuran 15 inci.

 

 
Related
Updates

otodriver.com