Ertiga dengan mesin diesel ini akan diganti dengan mesin diesel baru 1.500 cc yang dikembangkan sendiri oleh Suzuki. Diklaim lebih irit, mobil ini cukup laris di India.

Suzuki : Beda Dengan Indonesia, Ertiga Diesel Laris di India. Ini Sebabnya

 
Suzuki : Beda Dengan Indonesia, Ertiga Diesel Laris di India. Ini Sebabnya

Ertiga dengan mesin diesel ini akan diganti dengan mesin diesel baru 1.500 cc yang dikembangkan sendiri oleh Suzuki. Diklaim lebih irit, mobil ini cukup laris di India.

Suzuki Ertiga bermesin diesel memang tidak popular di Indonesia. Namun, tidak demikian ceritanya di India. LMPV penenggak solar ini mencapai popularitas di sana, lantaran kemampuannya dalam menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan varian bermesin bensin K14A 1.400 cc.

Saat ini Ertiga Diesel menggunakan mesin diesel common-rail dengan Variable Geometry Turbo (VGT) berkapasitas 1.248 cc dan dilengkapi dengan teknologi mild hybrid dinamakan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Klaim pabrik mesin ini mampu menempuh jarak 24,5 km/liter.

Hal inilah menjadikan Ertiga Diesel laris manis di India.

Dari segi performa, mesin diesel JTD Engine bikinan Fiat ini mampu menyuguhkan daya maksimum 98,7 PS /4.000 rpm dan torsi tertinggi 200 Nm/1750 rpm. Jauh lebih besar dibandingkan Chevrolet Spin Diesel yang menggunakan mesin yang sama.

Pada Chevrolet mesin ini hanya mampu menoreh daya maksimum 75PS/4.000 rpm dan torsi tertinggi 190 Nm/1.750 rpm. Sementara jarak tempuh untuk tiap liternya hanya mencapai 18km saja.

Seiring dengan kabar mengenai kehadiran generasi II Ertiga yang akan muncul di tahun 2018, mesin diesel inipun masuk kolom sebagai mesin yang akan dikandangkan oleh Suzuki. Pabrikan berlambang S ini akan melengserkan versi diesel 1.300 cc ini sepenuhnya pada tahun 2020 mendatang.

Sebagai gantinya, mesin diesel baru yang dikembangkan oleh Suzuki akan menjadi penghuni engine bay Ertiga.

Informasi teknis dari mesin anyar ini masih jauh dari terang. Namun jika melihat dari trend yang ada, mesin diesel baru ini akan dilengkapi dengan unit turbo dan besar kemungkinan akan memiliki output lebih besar, lebih efisien dan juga lebih bersih dibandingkan mesin sebelumnya.

Beberapa sumber, menyebutkan bahwa pada generasi baru Ertiganya nanti, Suzuki akan menyediakan varian mesin diesel dengan pilihan transmisi matik. Kemungkinan yang dipergunakan adalan tipe Automated Manual Transmition (AMT) atau yang disebut Suzuki sebagai AGS (Auto Gear Shift ). Sebelumnya, versi diesel Ertiga hanya dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan saja.

Kita tunggu saja perkembangannya.

Ertiga Diesel Generasi II akan muncul dengan opsi transmisi AMT 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com