Ertiga Diesel menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan varian lawasnya Ertiga GX bensin termasuk disematkannya kembali ABS. Fitur-fitur apalagi yang ada di varian ini?

Suzuki : Fitur-Fitur Ini Yang Dimiliki Ertiga Diesel, Namun Tidak Dimiliki Varian Bensin

 
Suzuki : Fitur-Fitur Ini Yang Dimiliki Ertiga Diesel, Namun Tidak Dimiliki Varian Bensin

Ertiga Diesel menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan varian lawasnya Ertiga GX bensin termasuk disematkannya kembali ABS. Fitur-fitur apalagi yang ada di varian ini?

Pada Tanggal 7 Februari kemarin, PT Suzuki Indomobil Sales resmi meluncurkan varian terbaru dari Suzuki Ertiga resmi.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, varian Suzuki Ertiga ini menggunakan mesin baru, yaitu diesel 1.300 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 89 dk/4000 rpm dan torsi sebesar 200 nm/1750 rpm.

Namun, ada beberapa fitur-fitur pada varian diesel yang tidak dimiliki oleh varian bensin yang sudah lebih dulu nyemplung di pasar Low-MPV di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Carreview.id coba menjelaskan apa saja fitur-fitur tersebut.

Selain bermesin diesel, Ertiga terbaru kini menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). 

Menurut Harold selaku Head of Product Development & Accessories, cara kerja SHVS pada mesin diesel ini dilengkapi dengan start stop engine, sehingga mesin akan mati saat mobil sedang berhenti, hal ini dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar hingga 50% lebih irit dibanding Ertiga bensin saat ini.

SHVS ini juga dikombinasikan dengan teknologi Intergrated Starter Generator (ISG), ISG memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai generator yang menangkap energi untuk mengisi ulang baterai pada saat deselerasi/ perlambatan.

Motor yang membantu meningkatan torsi pada saat akselerasi dan pada kondisi idle Start/Stop, baterai akan menggantikan sumber tenaga untuk mengaktifkan fungsi kelistrikan mobil serta menggerakan motor pada ISG saat akan me-restart mesin, sehingga mobil akan berjalan kembali.

Sementara itu, ada beberapa perubahan minor yang diusung pada sisi eksterior, ada juga perbedaan fitur seperti headlamp dengan fitur leveling, emblem belakang baru, dan defogger kaca belakang

Switch Headlamp Levelling tidak ada di varian bensin

Sedangkan di Interior, pihak Suzuki mengkalim ada 6 fitur baru yang disamatkan pada Ertiga diesel, yaitu Power Window Auto Down untuk pengemudi, Tweeter 2 unit, AC dengan Heater, Auto Start Stop Switch, Indikator Gear Shift dan Day Night Mirror.

2 buah twitter baru pada Ertiga Diesel Hybrid

Sementara untuk fitur keselamatan, Suzuki pun kini menggunakan sensor parkir 4 titik untuk varian Diesel, dimana pada varian bensinnya hanya menggunakan sensor parkir 2 titik.

Terlepas dari itu semua, Carreview.id juga menemukan hal yang istimewa pada fitur keselamatan.

Kali ini, Ertiga diesel kembali menggunakan ABS. Seperti yang diketahui, dimana pada Ertiga Facelift tipe bensin, ABS-nya justru dihilangkan untuk memangkas ongkos produksi.

Sistem ABS pada Ertiga Diesel

Tertarik memilikinya? terdapat tiga pilihan warna yang ditawarkan PT SIS untuk Ertiga terbaru, antara lain Superior White, Silky Silver Metallic, dan Granite Gray Metallic.

Meski demikian, mobil yang dibanderol Rp 219,5 juta ini, hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual.

 
Related
Updates

otodriver.com