Hasil Euro NCAP tunjukkan hasil tiga bintang untuk Ignis, apakah hasil ini akan sama dengan Ignis yang akan dipasarkan di Indonesia tahun depan?

Suzuki : Inilah Persamaan Ignis Versi Eropa Dengan Versi Indonesia Nanti

 
Suzuki : Inilah Persamaan Ignis Versi Eropa Dengan Versi Indonesia Nanti

Hasil Euro NCAP tunjukkan hasil tiga bintang untuk Ignis, apakah hasil ini akan sama dengan Ignis yang akan dipasarkan di Indonesia tahun depan?

Kehadiran Suzuki Ignis dalam ajang GIIAS 2016 silam, cukup sukses menjaring ribuan pasang mata yang datang. Crossover mungil ini pun dijadwalkan segera melenggang di jalanan Indonesia pada tahun depan.

Sesuai dengan jadwal, negara-negara di Eropa berkesempatan mencicipi Ignis terlebih dulu. Sudah menjadi standar yang diberlakukan di Eropa, bahwa setiap kendaraan yang akan dijajakan haruslah melalui tes keselamatan dan keamanan terlebih dulu.

European New Car Assessment Programme atau Euro NCAP pun telah merilis hasil tabraknya dan menyematkan tiga bintang pada Ignis.

Seperti yang dikutip dari Indianautoblog.com, Ignis yang ditest ini merupakan versi Eropa yang dilengkapi dengan airbag depan dan samping (airbag curtain). Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa penumpang depan relatif terlindungi dengan baik, hanya saja untuk penumpang anak-anak di bagian belakang terasa kurang baik.

Dengan pernyataan yang mengatakan bahwa Ignis yang ditest ini merupakan versi Eropa, maka timbul pertanyaan, apakah versi yang nantinya dijajakan di Indonesia akan tampil berbeda?

Jika merujuk pada spesifikasi Ignis yang akan diluncurkan awal tahun depan di India, sepertinya kekhawatiran tersebut langsung terbantahkan. Spesifikasi Ignis yang akan dijajakan di Negeri Martabak itu memiliki fitur keselamatan ataupun kenyamanan yang sama dengan yang dipasarkan di Eropa.

Menurut informasi dari pihak Indomobil Sales Indonesia beberapa waktu silam, Ignis yang akan dipasarkan di Indonesia akan menggunakan spesifikasi yang sama dengan yang dijajakan di India. Dengan demikian, maka tidak perlu dikhawatirkan lagi mengenai faktor keselamatannya.

Sedikit berspekulasi, bahwa versi Indonesia juga akan mengusung  versi yang sama. Seperti halnya versi Eropa, Ignis yang India akan menggunakan mesin bensin DUALJET 1.200cc (K12C) yang dilengkapi dengan sistem hybrid ringan ISG (Idle Stop & Go) untuk mereduksi pemakaian bahan bakar saat mobil dalam posisi idle.

Sejauh ini, Ignis akan dilengkapi dengan pilihan transmisi 5-percepatan manual dan Automatic Manual Transmision (AMT). Namun, disebut juga girboks CVT akan menyusul dikemudian hari.

Perbedaan yang ada bahwa Ignis versi Indonesia hanya akan tersedia dalam versi penggerak depan saja, sementara versi Eropa dan India memiliki pilihan pengerak roda depan dan all-(wheel drive yang disebut Suzuki sebagai ALLGRIP)

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com