Jip yang telah berumur tiga dasawarsa ini telah menunggu lama untuk mendapatkan penyegaran. Melalui rendering imajinatif, akan seperti inikah wujud generasi selanjutnya Maruti Gypsy?

Suzuki Maruti Gypsy : Akankah Seperti Ini Wujud Next Gen Jimny Ala India?

 
Suzuki Maruti Gypsy : Akankah Seperti Ini Wujud Next Gen Jimny Ala India?

Jip yang telah berumur tiga dasawarsa ini telah menunggu lama untuk mendapatkan penyegaran. Melalui rendering imajinatif, akan seperti inikah wujud generasi selanjutnya Maruti Gypsy?

Bagi penggemar kendaraan jip khususnya Suzuki Jimny, sudah pasti nama Maruti Gypsy bukanlah hal yang asing terdengar. Maruti Gypsy dibuat oleh Maruti Suzuki di India. Jip ini merupakan turunan langsung dari Jimny generasi II tepatnya sebagai versi long wheelbase dari SJ410.

Bagi orang India, Maruti Gypsy merupakan legenda yang dipergunakan dalam berbagai kegiatan mulai dari sipil hingga militer.

Mulai dibuat di India pada tahun 1985 dan hingga kini secara teknis tidak ada perubahan yang cukup siginifikan baik dari teknologi maupun desain.

Tak sedikit yang kemudian gatal untuk menebak seperti apakah wajah generasi selanjutnya dari Gypsy, salah satunya adalah designer dan rendering artist Shoeb R Kalania atau yang dikenal sebagai SRK. Ia mencoba melakukan reka rupa sosok Gypsy baru menurut versi imajinasinya.

Jika Anda menebak wajah Gypsy akan seperti Jimny Gen III yang tahun depan akan beredar di Indonesia, maka Anda salah besar.

Gambar rendering yang dihasilkan oleh SRK ini sama sekali jauh dari sosok Jimny Gen III dan cenderung lebih nampak seperti Suzuki Vitara Brezza. Mulai dari wajah, hingga lekuk tubuhnya. Namun, pada bagian kabin seolah mengingatkan kita pada bentuk Suzuki Swift.

Walau demikian, beberapa bagian desain SRK masih berpegang teguh dengan Gypsy yang ada sekarang. Salah satunya terlihat pada bagian pintu yang mengunakan engsel luar dan juga louvre (kisi-kisi) di bagian kap mesin kiri-kanan yang diyakini terinspirasi dari desain kap mesin Jimny Gen II.

Tidak dijelaskan mengenai sistem suspensi yang dipergunakan. Namun, melihat dari penampilannya maka kemungkinan akan mengandalkan gardan rigid untuk tetap mempertahankan kekokohannya. Walau tidak nampak jelas, suspensi per pikul juga dapat diganti dengan per keong agar dapat menyuguhkan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Mesin adalah tanda tanya besar lainnya. Jika dilihat dari kecenderungan yang ada di pasar India saat ini, maka sepertinya mesin diesel akan menjadi pilihan yang cukup masuk akal. Lalu akan seperti apa hasil produksi massalnya? Mari kita tunggu bersama.

Maruti Gypsy King, cukup digemari di India

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com