Diperkirakan akan sepenuhnya beroperasi pada 2020 mendatang.

Taksi Otonom Pertama di Dunia Sudah Beroperasi di Tokyo

 
Taksi Otonom Pertama di Dunia Sudah Beroperasi di Tokyo

Diperkirakan akan sepenuhnya beroperasi pada 2020 mendatang.

Dalam dunia angkutan umum kini telah mengalami revolusi besar. Hal tersebut diwujudkan dengan hadirnya Taxi otonom atau tanpa pengemudi pertama di dunia yang beroperasi di jantung kota Tokyo Jepang pada, Senin (27/08).

Seperti dilansir dari asia.nikkei.com (27/08), taksi dikembangkan oleh pabrikan pembuat robot yakni ZMP yang berbasis di Tokyo dan dioperasikan oleh perusahaan taksi Hinomaru Kotsu.

Untuk tahap awal, wahana otonom ini baru dioperasikan dengan jarak tempuh 5,3 km yang dimulai di dekat stasion Tokyo dan berakhir di distrik hiburan Roppongi.

Saat ini, taksi hanya melakukan empat kali perjalanan per hari dan penumpang yang ingin mencobanya harus melakukan reservasi secara online terlebih dulu melalui telepon pintar mereka. Biaya yang dikenakan untuk jarak tersebut adalah $ 13,5 atau sekitar Rp 190 ribuan.

Kedua perusahaan berharap untuk memulai operasi komersial penuh pada 2020, ketika Tokyo didapuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas.

Tokyo tidak sendirian, upaya menciptakan taksi tanpa awak ini pun dilakukan oleh Uber dan Waymo, anak perusahaan dari perusahaan induk Google Alphabet yang telah menguji mobil self-driving di kota-kota di seluruh AS.  Sayang sekali pada bulan Maret silam, sebuah mobil yang dioperasikan Uber menabrak dan menewaskan pejalan kaki selama uji coba. Waymo diperkirakan akan memulai layanan taksi akhir tahun ini.

Selain itu, produsen mobil Jerman Daimler pun berencana meluncurkan taksi self-driving dalam kemitraan dengan sebuah perusahaan  otomotif milik Bosch di California tahun depan.

Kondisi ini tak jauh beda dengan di China, di mana perusahan search engine Baidu pun merencanakan layanan bis otonom di negera tersebut.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com