Anda berencana mudik menggunakan mobil tahun ini? Selagi masih ada waktu, sekarang saatnya Anda mengecek segala keperluannya.

Tips Mudik : Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan? Berikut Ini Ulasannya

 
Tips Mudik : Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan? Berikut Ini Ulasannya

Anda berencana mudik menggunakan mobil tahun ini? Selagi masih ada waktu, sekarang saatnya Anda mengecek segala keperluannya.

Pada pertengahan Juni mendatang kita akan berjumpa dengan libur Hari Raya Idul Fitri 2018. Saat yang tepat bagi keluarga Indonesia untuk mudik Lebaran ke tanah kelahiran tercinta.

Yang tak kalah menarik, libur Lebaran tahun ini bersamaan dengan libur akhir tahun ajaran sekolah. Artinya, Anda bersama keluarga tercinta dapat memanfaatkan momen mudik sekaligus untuk berwisata.

Nah, untuk Anda yang sedang merencanakan berpergian menggunakan mobil bersama keluarga. Kali ini ada tips ringan yang bisa Anda ikuti agar perjalanan Anda lancar tanpa ada hambatan berarti.

 1.     Tips sebelum menempuh perjalanan.

Service mobil sebelum perjalanan mudik menjadi syarat utama kelancaran perjalanan. Anda bisa melakukan tune up guna memastikan mesin selalu dalam kondisi prima.

Tidak lupa untuk memeriksa cairan pendukung kinerja mobil. Seperti oli mesin dan transmisi, air radiator, freon AC, washer kaca depan, minyak rem, dan minyak power steering.

Oiya, buat Anda yang menggunakan mobil bertransmisi otomatis, jangan lupa untuk memeriksakan transmisi Anda. Jangan lupa, luangkan waktu untuk memeriksa kondisi ban, termasuk ban serep. Pastikan pula seluruh perangkat darurat, seperti dongkrak, ada pada tempatnya dan bisa dipakai dengan baik.

2.      Dalam perjalanan

Berkendaralah dengan memegang prinsip safety driving. "Jangan berperilaku agresif saat mengemudi, karena akan merugikan banyak pihak, jangan lupa atur posisi mengemudi Anda sebaik-baiknya agar pandangan tetap jelas ke depan untuk mengantisipasi bahaya datang," ucap Sony Susmana Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI).

Hindari membawa barang terlalu banyak yang justru menghalangi pandangan atau malah membuat kabin Anda menjadi sempit. Karena saat road trip, kita harus tetap nyaman di perjalanan agar tidak terlalu lelah.

3.     Setelah perjalanan

Selesai perjalanan mudik dan liburan bukan berarti Anda bisa meninggalkan mobil kesayangan di garasi rumah begitu saja.  Kotoran menjadi musuh utama yang harus segera dibersihkan. Mulai dari bagian luar, bersihkan seluruh area mobil tanpa terkecuali. Termasuk bagian kolong yang kerap terlupakan. Cobalah periksa perangkat teknis mobil. Seperti kaki-kaki, roda, lampu, dan area ruang mesin. Cek juga jika terdapat bodi mobil yang penyok.  Segera perbaiki dan rapikan jika ada masalah.

 
Related
Updates

otodriver.com