Mitsubishi meluncurkan konsep mobil listrik penggerak empat dengan Tagline Drive Your Ambition. Mengusung konsep berbeda, yaitu sebuah off-roader dengan penggerak listrik bertorsi besar.

Tokyo Motor Show 2017 : Mitsubishi e-Evolution Concept Tampil Beda Dibanding Mobil Listrik Lainnya

 
Tokyo Motor Show 2017 : Mitsubishi e-Evolution Concept Tampil Beda Dibanding Mobil Listrik Lainnya

Mitsubishi meluncurkan konsep mobil listrik penggerak empat dengan Tagline Drive Your Ambition. Mengusung konsep berbeda, yaitu sebuah off-roader dengan penggerak listrik bertorsi besar.

Umumnya mobil listrik konsep, dipersiapkan sebagai kendaraan ‘dalam kota’ yang akan melaju di aspal mulus di daerah urban. Namun, Mitsubishi memberikan pilihan berbeda, dengan menyuguhkan strategi refleksi pola pikir petualang.

Menurut pihak Mitsubishi Motor Corporation (MMC), melalui tagline Drive Your Ambition pada Mitsubishi e-Evolution Concept, merupakan prototipe teknis yang menggambarkan arah strategis pabrikan Tiga Berlian tersebut melalui gabungan kekuatan SUV, EV (electric vehicle).

Sebagai salah satu pelopor di kendaraan listrik, MMC akan memperluas dan mempercepat pengembangan EV-nya. MMC akan mendorong kemampuan teknologi dengan sistem AI (artificial intelligence), konektivitas, on-board dan cloud computing yang terintegrasi penuh.

Dalam mewujudkan konsep ini, MMC juga telah mengadopsi filosofi desain dengan judul ‘Robust & Ingenious’.

“Kami bertujuan untuk menyediakan kendaraan yang dapat memenuhi keinginan konsumen kami melalui desain luar biasa, yang dikombinasikan  dengan tenaga, keaslian dan fungsionalitas yang penuh pertimbangan sesuai dengan karakter Mitsubishi Motors,” ungkap Tsunehiro Kunimoto, MMC Head of Global Design.

Kaca depan dengan visibilitas tinggi

Robust & Ingenious, merupakan bahasa desain dari Mitsubishi e-Evolution Concept. Yaitu kendaraan Mitsubishi Motors di masa depan ditujukan sebagai kendaraan yang murni, tangguh dan fungsional. Dan pada saat yang sama, kendaraan akan “pintar”, bergaya dan dengan teknologi maju.

Dari segi desain, Mitsubishi Motors mempunyai konsep kuat dengan kinerja off-road bersamaan dengan kontrol 4WD yang superior yang sudah terbukti ketangguhannya. Kini, dengan keunggulan kontrol 4WD berkinerja tinggi itu terdapat pada Mitsubishi e-Evolution Concept, mengedepankan kesiapan untuk mencengkeram tanah dengan keempat roda, dan kelincahan dari sebuah cross-country tourer berperforma tinggi.

Desain wajah depan khas, melalui Dynamic Shield, kemudian air duct besar di bawah lampu depan, siap mendinginkan kaliper rem listrik. Rancangan yang mendukung aerodinamika yang baik, terlihat dari tailfins jet di pilar-C sebelum keluar dari kedua sisi bumper belakang.

Sisi aerodinamis ini juga bisa terlihat dari desain kaca depan depan yang landau dengan overhang pendek. Hal ini juga membuat profil samping yang unik yang belum pernah ada pada sebuah mobil listrik.

Sebagai sebuah SUV Crossover, ground clearance yang tinggi, overhang pendek, bahu kuat, dan pinggang yang kecil mengedepankan sebuah kelincahan.

Begitupun profil ban yang kekar, mengomunikasikan bahwa mobil ini 4WD dengan yang kuat. Palang yang membentang dari depan ke belakang sepanjang kedua sisi atap, meningkatkan karakter kendaraan yang berotot.

Bentuk segi enam yang besar di bagian belakang menggambarkan inspirasi dari ban cadangan dari SUV klasik, Mitsubishi Pajero yang legendaris, ciri khas sebuah off-roader, yang merupakan salah satu bab yang paling ikonik dari warisan Mitsubishi.

Buritan penuh lekukan penunjang aerodinamika

Sebagai sumber penggeraknya, Mitsubishi e-Evolution Concept ini didukung oleh tiga motor listrik bertorsi tinggi dan tidak ada mesin pembakaran internal yang besar di ruang mesin.

Hal ini membuat desainer dapat mewujudkan sebuah kokpit yang baru secara radikal. Panel instrumennya tampak mengambang di depan pengemudi.

Bertindak seperti electronic viewfinder, panel instrumen horizontal memudahkan untuk merasakan keadaan kendaraan selama berkendara - bentuk mengikuti fungsi yang baik.

Pada dasbor, terdapat juga layar datar besar yang membentang lebar. Untuk menampilkan kondisi di luar, informasi navigasi. Layar besar diapit oleh dua layar yang lebih kecil, menampilkan gambar dari kamera depan dan belakang.

Jendela kaca utuh memberikan visibilitas 360 derajat yang nyaris tidak terhalang, untuk impresi yang lebih mirip dengan jet tempur ketimbang sebuah mobil.

Apa saja teknologi yang ada pada Mitsubishi e-Evolution Concept ini?

  • Sistem EV (electric vehicle)   : Dengan torsi tinggi, performa tinggi motor listriknya didukung oleh sistem baterai berkapasitas tinggi untuk mengirimkan performa respons halus dan kuat. Baterainya terletak di bawah lantai bagian tengah kabin, memberikan titik gravitasi rendah untuk stabilitas pengemudian paling tinggi.
  • Sistem 4WD : Sistem triple motor 4WD menggunakan satu motor untuk menggerakkan kedua roda depan, dilengkapi dengan sistem baru Dual Motor Active Yaw Control (AYC) yang menggabungkan dua motor belakang melalui unit torque-vectoring AYC yang dikontrol secara elektronik. Semua ini terintegrasi ke dalam sistem kontrol dinamis, Super All-Wheel Control (S-AWC). Rem dengan bantuan kaliper listrik yang menggantikan kaliper hidraulis konvensional.
  • Sistem AI (Artificial Intelligence) : Sistem AI ini dapat meningkatkan kemampuan pengemudi. Sebuah sensor memungkinkan sistem AI untuk segera membaca perubahan kondisi jalan dan lalu lintas, serta keinginan pengemudi. Melalui sistem tersebut, dengan halus akan mengkoordinasikan maksud pengemudi dengan performa kendaraan. Fungsi ‘bimbingan khusus’ ini memungkinkan sistem AI mentransfer pengetahuan kepada pengemudi, dan meningkatkan keahlian mengemudi. Sistem ini membangun program pelatihan yang memberikan saran melalui dialog suara dan layar dasbor yang besar. Hasilnya, pengemudi bisa memiliki kemampuan berkendara yang lebih baik lagi.
Ban kekar menunjukkan mobil 4WD segala medan

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com