Mobil ini hanya digunakan oleh pejabat tinggi, konglomerat dan kaisar di Jepang. Generasi ketiga Toyota Century ini, akan dipamerkan pada Tokyo Motor Show mendatang.

Toyota Century: Sedan Mewah Hanya Dua Generasi Selama 50 Tahun

 
Toyota Century: Sedan Mewah Hanya Dua Generasi Selama 50 Tahun

Mobil ini hanya digunakan oleh pejabat tinggi, konglomerat dan kaisar di Jepang. Generasi ketiga Toyota Century ini, akan dipamerkan pada Tokyo Motor Show mendatang.

Jika Anda berpikir bahwa jajaran Lexus yang menjadi mobil paling mewah dari Toyota, maka disarankan untuk segera merubah asumsi tersebut.  Karena, sebenarnya yang menjadi puncak kemewahan sebuah Toyota ada pada sosok Toyota Century.

Mobil yang pertama kalinya diperkenalkan pada tahun 1967 dan menjadi mobil Toyota yang paling lamban berevolusi. Selama 50 tahun mobil ini hanya memiliki dua generasi saja.

Namun kelak di tahun depan generasi III akan segera muncul. Namun kemunculan perdana sedan super mewah ini akan terjadi pada gelaran Tokyo Motor Show 2017 ini.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, maka mobil ini memiliki skala dimensi yang lebih besar. Mobil ini memiliki panjang 5.335 mm, lebar 1.930mm dan tinggi 1.505 mm dengan jarak sumbu roda 3.090 mm. 

Dilihat dari ukurannya, bahkan Century Gen III ini secara keseluruhan masih lebih panjang dari Mercedes S-Class LWB yang memiliki panjang keseluruhan 5.246mm.

Jika dilihat dari desainnya, boleh dikatakan bahwa Century merupakan gabungan antara Bentley Mulsanne dengan pahatan wajah Lincoln Continental terbaru. Namun demikian banyak garis desain dengan gurat-gurat klasik yang diturunkan dari generasi sebelumnya.

Dibandingkan dengan interior mobil kelas premium Eropa, kabin mobil ini relatif cukup sederhana dan lugas. Sebagai standar, mobil ini justru tidak menawarkan pembungkus di interiornya dari bahan kulit, namun justru dari bahan wol. Namun terbuka pilihan dengan pembungkus berbahan kulit.

Century tentu dibekali dengan teknologi terkini terbaik Toyota. Bahkan sepertinya daftar perangkat yang disematkan cukup panjang untuk dijabarkan satu persatu.

Namun seperti dikutip dari thedrive.com (5/10), teknologi terkini Toyota yang mendukung kenyamanan seperti pada suspensi, perangkat audio dan kemewahan paling wahid milik Three Ovals ada pada mobil ini.

Hal terbesar yang menjadi pembeda antara Century Gen III dengan generasi sebelumnya ada di balik kap mesinnya.  Sebuah mesin V8 hybrid dengan kode 2UR-FSE 5.000 cc menggantikan posisi mesin lawas 1GZ-FE, mesin V12, 5.000 cc.

Hanya saja belum ada rincian khusus mengenai mesin yang juga dipergunakan pada Lexus LS600 Hybrid. Namun disebutkan dengan penggunaan mesin ini, Toyota mengklaim bahwa mereka tengah mengejar konsumsi bahan bakar terendah di kelasnya. 

Untuk mendapatkan sebuah Century, konon tidak bisa sembarangan. Bahkan dahulu di awal kiprahnya mobil ini Toyota cukup selektif dalam menentukan kepemilikan Century.

Mobil ini hanya beredar di kalangan pejabat tinggi, konglomerat dan kaisar di Jepang. Walau pada perkembangannya beberapa mobil berhasil diekspor ke luar Jepang, salah satunya Indonesia. Beberapa Century Gen II sesekali nampak di jalanan Jakarta.

 
Related
Updates

otodriver.com