Toyota FT-4X bukanlah mobil yang sepadan jika ingin dibandingkan dengan Jeep Wrangler maupun Ford Bronco. Berikut spesifikasinya

Toyota : FT-4X Hadir Tak Seperti Dugaan, Penerus FJ Cruiser Ini Jauh Lebih Mewah

 
Toyota : FT-4X Hadir Tak Seperti Dugaan, Penerus FJ Cruiser Ini Jauh Lebih Mewah

Toyota FT-4X bukanlah mobil yang sepadan jika ingin dibandingkan dengan Jeep Wrangler maupun Ford Bronco. Berikut spesifikasinya

Beberapa waktu silam, kita telah membahas rencana peluncuran Toyota FT-4X.

Spekulasi yang diangkat saat itu, mobil ini akan hadir dengan gaya retro dan akan menjadi pesaing All New Jeep Wrangler serta Ford Bronco yang sebentar lagi bakal dipasarkan.

Pada kenyataannya, setelah selubung kain kamuflase dibuka dalam New York Auto Show 2017, apa yang dibayangkan tentang mobil ini tidaklah seperti yang diangankan semula.

Bayangan rival berat Wrangler dan Bronco yang menggunakan struktur body on frame dan kaki-kaki kokoh pun tidak sesuai prediksi.

Seperti dikabarkan oleh carscoops.com, (12/3) mobil ini dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architechture (TNGA) yang dipergunakan pada Toyota Camry dan C-HR.

Dengan demikian, FT-4X tampil dengan struktur body monokok, bukan seperti yang diberitakan dibuat dengan chassis ladder frame.

Selain itu, berdasarkan pengamatan foto, besar kemungkinan mobil ini menggunakan sistem suspensi independen di bagian depan dan rigid axle pada bagian belakang.

Toyota mengatakan, FT-4X tampil dengan mesin empat silinder yang dipadukan transmisi CVT, berpengerak all-wheel drive dengan tranfercase untuk pilihan low range.

Model  yang di buat di fasilitas desain Calty Toyota di California ini memiliki pintu belakang unik yang bisa dibuka ke atas ataupun dengan model pintu ‘kupu-kupu’ yang dibuka ke kiri ataupun kanan.

Satu-satuya clue yang dapat mencerminkan roh retro, tak lain hanya dari sisi desainnya yang mengingatkan pada sosok FJ Cruiser.

Sudah barang tentu ada sedikit aroma sang legenda Land Cruiser FJ-40 yang ditemui pada desain grill depannya.

Mungkin ada yang merasa kecewa atau sebaliknya dengan paparan tentang FT-4X.

Namun apapun itu, mobil ini kabarnya tidak akan masuk dalam proyek produksi massal Toyota ke depannya.

Keberadaan mobil ini hanya sebatas studi untuk mengeksplorasi ide-ide baru pabrikan berlogo three oval ini.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com