Car Review Indonesia

 

Toyota : Inilah Perbedaan Toyota Transmover Dengan All New Avanza

| 02 December, 2016

Transportasi berbasis online telah menjadi sumber mata pencaharian warga kota-kota besar di Indonesia, dengan hadirnya Transmover pengusaha bisnis tersebut semakin mudah untuk menjatuhkan pilihan.

PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah mencari formula jitu untuk memasarkan model terbarunya, terlebih saat ini persaingan di segmen MPV terasa sangat ketat, hal ini membuat konsumen memiliki pilihan yang beragam, tentunya harga dan fitur masih menjadi daya tarik tersendiri para konsumen di Indonesia.

Melihat persaingan tersebut, terutama di segmen MPV, tentu TAM masih percaya diri dengan kedigdayaan Toyota Calya yang mampu menghadirkan keuntungan besar meskipun belum berusia satu tahun.

Namun, agaknya Calya masih riskan untuk dijadikan backbone Toyota karena terganjal peraturan pemerintah yang mengharuskan mobil yang untuk transportasi online harus memiliki kapasitas mesin paling tidak 1.300 cc.

Inilah yang membuat pihak Toyota membuat formula baru untuk menjaga segmen MPV yang selama ini masih dirajai Toyota. Yak, tak perlu menunggu lama, formula itu pun langsung diperlihatkan pada awal bulan Desember, produsen asal Jepang tersebut langsung memperkenalkan Avanza Transmover.

Sebetulnya nama Avanza bukanlah pendatang baru di segmen MPV. Tapi, yang kali ini tampil terlihat memiliki perbedaan yang berarti, untuk memangkas harga jualnya, beberapa fitur telah dihilangkan oleh Toyota.

Mobil ini bahkan lebih standar dari varian terendah Avanza tipe E M/T sekalipun. Penasaran dengan apa saja yang membedakan All New Avanza dengan Avanza Transmover? Kali ini Carreview.id coba memaparkannya untuk Anda.

Mari mulai membahas dari segi eksterior, di bagian belakang terlihat stiker Transmover tanpa dilapisi emblem, jadi terlihat sangat tipis. Sementara melihat sepatunya, Transmover dilengkapi dengan ban berukuran 185/70 R16 yang membalut pelek kaleng berkelir silver. Masih di bagian bawah, Transmover tidak dilengkapi dengan mudguard, sehingga kolong mobil akan mudah kotor saat melewati genangan air.

Beralih ke bagian depan, tidak ada lagi grill beraksen krom seperti All New Avanza. Hanya terlihat warna material hitam polos, hal tersebut juga diikuti pada pemasangan spion, sama-sama dengan material hitam dan masih menggunakan pengaturan manual.

Hmm, tidak banyak yang bisa dibahas dari eksterior karena memang Transmover hadir begitu simpel. Meski begitu, mari kita lanjut membahasnya ke dalam kabin. Wah, kami masih bingung dengan adanya dua buah speaker tanpa dilengkapi head unit, lalu bagaimana kami bisa menguji kualitas suaranya?

Kemudian, kami melihat doortrim Transmover yang hadir tanpa bahan fabric, jadi terlihat polos dengan material hitam. Meski demikian, jok Transmover tetap dibuat dengan material fabric dan vinyl dilengkapi dengan safety belt 3 titik untuk 7-penumpang, dan kursi baris pertama tidak dilengkapi dengan seat back pocket.

Pemangkasan fitur tersebut telah membuat harga jual Transmover berkisar di angka Rp 143 – 150 juta. Harga tersebut cukup besahabat untuk target pasar Toyota yang menyasar pengusaha transportasi online.  

“Kami masih belum memiliki stoknya, tapi Avanza Transmover hanya bisa dimiliki oleh pengusaha angkutan umum berbadan hukum,” ujar Rendy Waliansyah selaku supervisor Auto2000 Radio Dalam.

Hanya terdapat logo Toyota dan stiker Transmover di bagian belakang
Interior tanpa dilengkapi head unit

 

Tag : #Toyota  #TAM  #Transmover 

Related

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]