Pasar low MPV masih sangat dibutuhkan masyarakat tanah air, berbagai pabrikan mengeluarkan produk ini namun masih belum menggoyahkan dominasi Toyota.

Toyota : Masih Kuasai Segmen MPV Nasional Sepanjang 2016 Meski Digempur Kompetitor

 
Toyota : Masih Kuasai Segmen MPV Nasional Sepanjang 2016 Meski Digempur Kompetitor

Pasar low MPV masih sangat dibutuhkan masyarakat tanah air, berbagai pabrikan mengeluarkan produk ini namun masih belum menggoyahkan dominasi Toyota.

Mobil berjenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) masih menjadi primadona kebanyakan konsumen kendaraan penumpang di Indonesia.

Terutama pada segmen low MPV berkapasitas mesin 1.500 cc yang berisi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina dan Chevrolet Spin maupun yang memiliki bentuk semi bonnet seperti Daihatsu Luxio, Suzuki APV hingga Nissan Evalia.

Pada segmen tersebut, pabrikan melakukan segala upaya untuk mengkreasikan produk andalannya demi menjadi pilihan masyarakat Indonesia, di berbagai kota. Pasar pun mencatat sebuah pergerakan positif seiring semakin dibutuhkan mobil yang dicap fungsional oleh para penggunanya.

Tak hanya digunakan sebagai kendaraan pribadi sehari-hari, beberapa instansi yang menggunakannya sebagai mobil dinas dan operasional pun turut mendongkrak pasaraan low MPV di Indonesia.

Tambah lagi, dalam setahun terakhir, tren usaha transportasi massal berbasis aplikasi semacam Uber, Grab Car hingga yang terbaru Go Car pun turut memberikan kontribusi terhadap melonjaknya penjualan mobil di segmen ini.  

Toyota Indonesia yang bermarkas besar di Sunter, mencatat tren positif penjualan mulai Januari hingga April 2016 pada segmen ini.

Secara nasional produk berlogo tiga oval itu mengigit 50% kue pasar di segmen low MPV tersebut. Hal ini menjadikan segmen tersebut mengambil 66% dari keseluruhan penjualan Toyota. Kontribusi terbesar masih dari Avanza dan Veloz yang terlihat jelas menyesakkan lalu lintas di beberapa kota besar tanah air.

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor menyebutkan pasar MPV masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan kendaraan fungsional dengan desain dan fitur modern. Toyota hadir dengan berbagai MPV untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain Avanza dan Veloz dengan hadirnya All New Sienta, pilihan MPV akan semakin lengkap dengan desain dan fitur yang modern.

Genderang perang di segmen ini pun akan semakin kencang bertabuh. Pasalnya beberapa pabrikan lain juga mengeksplorasi MPV andalannya agar diterima masyarakat. Seperti Honda yang baru saja melansir Mobilio terbaru dengan interior yang lebih modern dan Suzuki yang juga berperang di pasar dengan Ertiga Dreza dengan kelengkapan aplikasi bodykit yang lebih sportif.

 

 
Related
Updates

otodriver.com