Next Gen Supra akan memiliki tenaga lebih besar ketimbang model sebelumnya. Namun, masih di bawah 'rival abadi', Nissan GT-R. Lantas, seberapa besar muntahan tenaganya?

Toyota Supra : Bermesin Baru Namun Belum Ungguli Nissan GT-R

 
Toyota Supra : Bermesin Baru Namun Belum Ungguli Nissan GT-R

Next Gen Supra akan memiliki tenaga lebih besar ketimbang model sebelumnya. Namun, masih di bawah 'rival abadi', Nissan GT-R. Lantas, seberapa besar muntahan tenaganya?

Sudah dari beberapa waktu lalu, kabar kelahiran kembali Toyota Supra santer terdengar. Mobil sport yang dikembangkan oleh kerjasama Toyota - BMW ini, akan diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2017 Oktober mendatang.

Seperti apakah modelnya nanti? Dikabarkan Caranddriver.com nantinya Next Gen Supra akan mengaplikasikan desain yang sama seperti mobil konsep FT-1 yang dilansir tahun 2014.

Direncanakan, generasi penerus Toyota Supra nanti, akan memiliki tenaga lebih besar dibandingkan generasi terdahulu.

Sebagai perbandingan, mari melihat ke beberapa waktu lalu. Ketika itu generasi Toyota Supra (A80) menggunakan mesin 2JZ series, 6 silinder segaris, 3.000 cc, dengan twin turbonya (2JZ-GTE). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 276 dk dan memiliki torsi puncak 431 Nm.

Sedangkan Next Gen Supra, dikabarkan akan hadir dalam tiga pilihan mesin, yakni mesin empat silinder 2.000 cc turbo berdaya 255 dk, kemudian mesin V6, 3.000 cc turbocharger bertenaga 340 dk, serta mesin hybrid, yang menggunakan motor listrik bekerjasama dengan mesin bensin 2.500 cc. 

Jika dibandingkan dengan versi lama yang discontinue pada tahun 2002 silam, di atas kertas Supra baru lebih bertenaga. Khusus mesin hybrid, Toyota belum mengumumkan spesifikasinya secara gamblang.

Lantas, bagi penggemar mobil seperti pemilik Toyota Supra versi lawas, tentu minat untuk memodifikasi mesin sangatlah besar.

Nah, apakah mesin-mesin baru ini akan bisa memuaskan 'Supra lovers' yang senang 'mengoprek' mesin untuk meningkatkan tenaga, seperti pada Toyota Supra yang bermesin 2JZ-GTE ? Hal itu masih menjadi tanda tanya besar.

Sekedar informasi, 2JZ-GTE, merupakan salah satu mesin favorit di jajaran dapur pacu buatan Toyota. Memiliki komponen standar yang kuat dan banyak tersedia aftermarket untuk peningkat performanya. Jika sudah dimodifikasi, tenaga mesin ini bisa membengkak hingga 1.000 dk lebih!

Berbekal mesin itulah, Toyoa Supra versi terdahulu menjadi 'rival abadi' Nissan Skyline GT-R (R34) yang dipersenjatai mesin RB26DETT, yang memiliki semburan daya 276 dk dan torsi 392 Nm.

Tetapi, versi terbaru Nissan GT-R sudah menggunakan mesin yang lebih bertenaga lagi saat ini. Mesin dengan twin turbo, VR38DETT, V6, 3.800 cc yang digunakan Nissan GT-R memiliki daya maksimal  550 dk, bahkan versi Nismo berada di angka 600 dk.

Berdasarkan angka output tenaga, Next Gen Toyota Supra berada satu level di bawah kebuasan tenaga sang 'Godzilla'.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com