Dengan hadirnya trek PDSA, Kostrad coba merangkul komunitas off-road yang ada di kawasan Jabodetabek.

Trek PDSA, Pelepas Dahaga Pecinta Off-road di Jakarta

 
Trek PDSA, Pelepas Dahaga Pecinta Off-road di Jakarta

Dengan hadirnya trek PDSA, Kostrad coba merangkul komunitas off-road yang ada di kawasan Jabodetabek.

Saat ini, Off-road kembali menjadi kegiatan yang sedang naik daun dan merupakan hobi bagi sebagian masyarakat di Indonesia.

Kegiatan ‘bermain’ lumpur bagi pecinta jip dan kendaraan 4x4 di kota besar seperti Jakarta merupakan sesuatu yang semakin sulit dilakukan.

Alasan utama adalah ketersediaan lahan yang semakin hari menjadi sesuatu yang semakin langka.

Memfasilitasi hal tersebut, Kostrad selain menjadi patriot bangsa, juga kini coba memberikan solusi mengenai keterbatasan lahan dengan dibukanya Prakasa Driving Skill Area (PDSA) di markas Divisi Infantri 1/Kostrad Cilodong, Depok Jawa Barat.

“Kami ingin berbagi dengan teman-teman pecinta off-road untuk dapat menikmati petualangan off-road dan juga mengasah kemampuan skill berkendara terutama di medan berat,” tutur Mayjen Anto Mukti Putranto selaku Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1/Kostrad dan juga sebagai pembina PDSA.

“Bagi Kostrad, kehadiran lahan ini pun dapat berfungsi sebagai sarana pelatihan skill mengemudi bagi anggota kami,” sambungnya.

Medan PDSA ini cukup beragam, mulai dari medan dengan permukaan licin, lumpur hingga medan dengan permukaan jalan berkontur ekstrim yang dapat dipergunakan untuk menguji artikulasi suspensi.

“Sebisa mungkin kita membuat jalur yang disesuaikan dengan kondisi medan off-road yang ada di Indonesia,” terang Handito selaku Trek Master di PDSA.

Pada dasarnya trek PDSA ini merupakan trek buatan yang menempati satu sudut lahan kosong milik Kostrad. Karakter sebagai sebuah trek basah sangat dominan. Berbeda trek De’Pes yang dihiasi dengan trek batu kombinasi lumpur.

Dibandingkan dengan De’Pes, trek PDSA ini relatif lebih kecil namun terasa lebih adem karena berada di bawah rindangnya pepohonan. Selain itu lokasi ini memiliki jarak relatif lebih dekat dari Jakarta .

Rencana ke depannya, PDSA akan dikelola oleh unit koperasi Kostrad Divisi I. Bagi masyakat yang ingin mencicipi medan ujicoba ini, nantinya dapat menghubungi unit koperasi terkait. Untuk sementara bisa menghubungi Handito di 081381282343.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com