Selama lebih dari tiga dasawarsa M5 muncul dengan loncatan teknologi dan desain.

Video : Evolusi BMW M5 Dari Masa Ke Masa

 
Video : Evolusi BMW M5 Dari Masa Ke Masa

Selama lebih dari tiga dasawarsa M5 muncul dengan loncatan teknologi dan desain.

Berbincang mengenai sedan berperforma tinggi, tak akan habis dalam hitungan jari. Namun dapat dipastikan bahwa satu nama yang bakal terlintas adalah BMW M5.

Sejak diperkenalkan pada publik di tahun 1985 silam, sedan Bavaria ini konsisten hadir dalam bentuk sedan 4 pintu. Walaupun sempat muncul pilihan versi stationwagon pada era E34 (1992-98) dan E60 (2005-2010). 

Tidak seperti Porsche 911 yang mengejawantahkan desain abadinya. Cukup dengan pandangan di sudut mata maka kita akan mengenali bahwasanya itu adalah 911.

Hal ini tak berlaku pada pada BMW M5, dimana selama kurun waktu lebih dari tiga dasawarsa selalu hadir dengan loncatan-loncatan teknologi maupun desain. Semisal tiap generasi dijejerkan, maka anda mengenyitkan dahi untuk menyebutnya sebagai mobil dengan emblem yang sama.

Dalam rentang waktu yang ada, M5 muncul dengan mesin enam, delapan bahkan sepuluh silinder dengan muntahan daya 290 PS hingga 608 PS. Asupan turbocharged ataupun naturally aspirated menjadi penghuni catatan sejarah teknologi mesinnya. Belum lagi transmisi yang dipergunakannya yakni manual, otomatis dan dual-clutch.

Evolusi M5 ini dapat disaksikan melalui tayangan yang youtube dari Car Evolution Chanel. Berikut video singkatnya :

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com