Generasi terkini Suzuki Wagon R akan diluncurkan di Jepang, Februari mendatang. Dikabarkan Maruti Suzuki akan merakit mobil ini. Jika benar begitu, adakah kemungkinan masuk ke Indonesia?

Wagon R : Dikabarkan Akan Dirakit Maruti Suzuki, Bakal Masuk Indonesia?

 
Wagon R : Dikabarkan Akan Dirakit Maruti Suzuki, Bakal Masuk Indonesia?

Generasi terkini Suzuki Wagon R akan diluncurkan di Jepang, Februari mendatang. Dikabarkan Maruti Suzuki akan merakit mobil ini. Jika benar begitu, adakah kemungkinan masuk ke Indonesia?

Di Jepang , Suzuki Wagon R merupakan salah satu produk yang paling sukses di pasar lokal. Beberapa rumor mengabarkan, pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu ini tengah menyiapkan wajah baru Wagon R yang akan diluncurkan di Jepang, Februari mendatang.

Tak mau tanggung-tanggung, dua model diluncurkan sekaligus, Wagon R dan Wagon R Stingray. Walau waktu peluncurannya sudah dekat, tak satupun bocoran foto tentang sosok mobil ini.

Namun demikian, majalah otomotif Jepang, memunculkan sosok keduaya dalam bentuk rendering. Seperti dikutip dari Indianautosblog.com, konsep yang dibawa oleh gambar tersebut, tidak melunturkan ciri khas Wagon R.

Bodi yang boxy dengan ruang kepala yang cukup lega menjadi ciri yang dipertahankan. Namun yang membedakan antara keduanya nyata terlihat di bagian wajah.

Sosok Wagon R memiliki penampilan wajah dengan lampu bertumpuk, sedangkan untuk Wagon R Stingray memiliki wajah lebih atraktif dengan lampu memanjang horizontal dan nampak lebih sporty.

Perubahan desain bodi nampak cukup mencolok terutama pada bagian pilar B yang cukup masif. Bentuk garis jendela belakangnya nampak seperti yang dipergunakan mobil van besar seperti Alphard. Sekilas, menjadikannya nampak seperti mobil dengan pintu belakang sliding.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, nampaknya posisi lampu belakang ditempatkan sejajar bumper. Hal ini mengingatkan kita pada generasi awal Wagon R (dikenal juga sebagai Karimun di Indonesia).

Di Jepang, kedua model ini tergolong 'kei car’, di mana keduanya akan menggunakan mesin tiga silinder R06A 660 cc dengan pilihan turbo atau non-turbo. Transmisi manual 5 percepatan atau otomatik CVT muncul sebagai pilihan.

Selain itu mobil ini akan mengadopsti teknologi S-Energy Charge, berupa teknologi mild hybrid ISG (Integrated Starter Generator) dengan tenaga baterai lithium-ion.

Kabar cukup menggembirakan, bahwa mobil yang saat ini hanya terbatas untuk pasar Jepang itu, nantinya akan dirakit juga oleh Maruti Suzuki di India. Pabrik Maruti Suzuki di Gujarat yang menjadi tempat perakitannya. 

Walau masih diragukan kepastiannya, tentu hal ini sangat diharapkan penggemar mobil ini di Indonesia. Karena dengan adanya perakitan di Negeri Martabak itu, kemungkinan besar pasar Indonesia akan kebagian mobil ini, seperti mobil-mobil Suzuki saat ini yang kebanyakan hasil rakitan pabrik Maruti Suzuki tersebut.

Andaikan begitu, pasar Indonesia tentunya akan menggunakan mesin Suzuki K10B, 3 silinder, 998 cc, yang digunakan pada Karimun Wagon R dan Celerio.

Lampu belakang mengingatkan pada sosok Suzuki Karimun generasi awal

Foto : Indianautosblog.com

 
Related
Updates

otodriver.com