Kehadirannya masih tahun depan, namun Wuling akan berinvestasi membuat pabrik di tanah air. Melihat yang diusungnya, MPV asal Tiongkok ini berpotensi membuat heboh pasar MPV nasional. Seperti apa?

Wuling : Apa Perbedaan Merek Tiongkok Ini Dibandingkan MPV Yang Sudah Ada?

 
Wuling : Apa Perbedaan Merek Tiongkok Ini Dibandingkan MPV Yang Sudah Ada?

Kehadirannya masih tahun depan, namun Wuling akan berinvestasi membuat pabrik di tanah air. Melihat yang diusungnya, MPV asal Tiongkok ini berpotensi membuat heboh pasar MPV nasional. Seperti apa?

Pasar kendaraan penumpang di tanah air memang cukup menarik perhatian. Kendaraan dengan kultur orang Indonesia yang mampu mengangkut banyak penumpang dan juga barang masih menjadi daya tarik kuat bagi pasar Nusantara.

SAIC General Motors Wuling (SGMW) pendatang baru dari negeri Tirai Bambu mencoba peruntungan di sini. Wuling datang ke Indonesia membawa dua MPV andalannya yang akan bermain di dua medium MPV dan Small MPV. Dalam artian, produk baru ini akan bermain dalam teritorial Toyota Innova dan Avanza/Xenia. 

Sejauh ini pabrikan joint venture dengan General Motors ini belum memberikan nama pada kedua kendaraan andalannya yang ditampilkan pada GIIAS 2016. Kedua jenis mobil tersebut masih didatangkan langsung dari Cina ditandai dengan posisi setir di kiri.

Dasbor Wuling Hong Guang 1500 cc

 

Jam analog bergaya mobil Eropa

Panel instrumen cukup modern lengkap dengan MID

Sejauh ini hanya ada pilihan girboks manual

Tipe mesin 1.500 cc dengan DVVT

“Kami persiapkan model berkapasitas 1.500 cc berpenggerak roda belakang dan 1.800 cc dengan penggerak roda depan,” jelas Dian Asmahani, Brand Manager SGMW. Kedua mobil tersebut bernama Wuling Hong Ghuang (1.500 cc) dan Wuling BAojun 730 (1.800 cc).

Mobil-mobil tersebut dilengkapi dengan peranti safety seperti ABS dan 2 Airbag. Dan pada dasbor masing-masing sudah dilengkapi dengan display layar sentuh.

Dian belum bisa menjelaskan mengenai harga jual kedua MPV ini, namun ia mengatakan bahwa akan diset di angka yang cukup menggiurkan. Sebagai ilustrasi di negara asalnya, kedua produk ini dibanderol dengan harga Rp.90 jutaan hingga 120 jutaan.

Kemungkian harga di Indonesia akan berada di kisaran yang serupa dengan harga MPV LCGC, yaitu Rp 110 -150 juta.

MPV bermesin 1.800cc VVTi, penantang Innova

Pabrikan yang menjadi salah satu pabrik otomotif terbesar di China ini bahkan cukup serius dengan membangun fasilitas pabrik yang bukan sebatas perakitan. “Wuling membuat pabrik sparepart dan segala sesuatunya di Indonesia. Kami tengah merampungkan pabriknya di Cikarang, Jawa Barat,” tutur Dian.

Dengan kandungan lokal yang besar, ada kemungkinan harganya dapat ditekan lagi. Dan jika kemudian hal itu terjadi maka MPV ini akan main di kelas harga LCGC yang artinya akan membuat gaduh pasar nasional. Bukan tidak mungkin percaturan otomotif nasional akan mengalami perubahan strategi.

Wuling berencana melepas produknya sekitar pertengahan tahun depan.

 
 
Related
Don't miss this stories
Updates
Popular

    otodriver.com