Ragam pembaruan yang dilakukan Daihatsu terdahap All New Sirion membuat City Car ini jauh lebih baik dalam hal performa dibanding model sebelumnya. Berapa sih harganya?

First Drive : Rahasia Kelincahan All New Sirion di Jalan Perkotaan

 
First Drive : Rahasia Kelincahan All New Sirion di Jalan Perkotaan

Ragam pembaruan yang dilakukan Daihatsu terdahap All New Sirion membuat City Car ini jauh lebih baik dalam hal performa dibanding model sebelumnya. Berapa sih harganya?

Carreview.id diberi kesempatan menguji performa All New Sirion dalam ajang media test drive yang berlangsung dari Sunter hingga finish di Astra Biz Center, BSD, (15/3).

Sebanyak 10 unit All New Sirion yang kabarnya merupakan badge pertama impor dari Malaysia, dicoba kebolehannya di jalan dalam kota oleh para media nasional.

Ada beberapa peningkatan yang dilakukan Daihatsu agar Sirion tampil lebih fresh dan tetap mampu bersaing dengan rivalnya seperti Honda Brio dan Suzuki Ignis.

Dari sisi eksterior, penampilan baru terlihat pada lampu depan LED dengan fitur follow me home dan levelling adjuster, sementara itu tampilan bumper depan juga sepenuhnya baru, dengan bubuhan aksen chrome, tak lupa fog lamp juga mendapat peremajaan, rear spoiler baru dengan LED, lampu belakang baru, antena sirip hiu dan tentunya pelek alloy berukuran 15 inci yang terlihat lebih sporty.

Setelah asik melihat beberapa pembaruan pada eksterior, akhirnya kami memutuskan untuk masuk ke dalam kabin. Di sini, kembali ada beberapa penyegaran yang disajikan, antara lain keyless dengan immobilizer, rear parking camera lewat head unit 2Din, instrumen cluster model baru, AC digital baru, dan central door lock button yang terletak di bagian tengah.

Sedangkan untuk fitur keselamatannya, All New Sirion tergolong mobil yang paling aman di kelasnya dengan hadirnya front and side-airbags, anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), vehicle stability control (VSC), traction control (TRC), sensor dua titik di bagian depan, seatbelt reminder, dan jok isofix.

Untuk mendapatkan posisi kemudi terbaik, Anda dapat mengatur ketinggian kursi serta maju mundur kursi dengan tuas, sementara setir juga bisa diatur tinggi rendahnya.

Saat melibas kemacatan Jakarta hingga kawasan Serpong, mobil ini tergolong cukup responsif. Hal tersebut mungkin berkat pengaplikasian powertrain berteknologi baru, yaitu mesin Dual VVT-i & Drive By Wire berkapasitas 1.329 cc, yang disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan manual, atau otomatik 4-percepatan.

Hasilnya City Car andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mampu memproduksi tenaga mencapai 95PS/6.000 rpm, dan torsi puncak di 119 Nm/4.200 rpm.

Namun demikian, setelah kami mencoba berkendara sejauh kurang lebih 60 km, jarum konsumsi bahan bakar All New Sirion tipe M/T bercokol di angka 12,3 km/liter, sementara hasil yang didapat versi A/T terbilang lebih boros dengan catatan 7,3 km/liter. Hasil yang didapat bukan catatan terbaik yang mampu diraih sebuah mobil City Car.

"Pada bulan ini kami berhasil menjual sekitar 120 unit All New Sirion, targetnya hanya 200 unit/perbulan, karena kami memang mengirim dari Malaysia dengan kapasitas 200 unit setiap bulannya," ucap Marketing and CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.

Di Jakarta, Daihatsu All New Sirion tipe M/T dipasarkan Rp 182,5 juta, sementara varian bertransmisi otomatik dihargai Rp 193,5 juta.

 
Related
Updates

otodriver.com