Segala fitur dan platform baru yang diaplikasikan Toyota kepada C-HR membuat mobil ini berbeda dengan karakter mobil Toyota lainnya. Kok bisa?

First Drive : Rasakan Ketangguhan C-HR, Maka Anda Akan Lupa Bahwa Harganya Rp 488 Juta

 
First Drive : Rasakan Ketangguhan C-HR, Maka Anda Akan Lupa Bahwa Harganya Rp 488 Juta

Segala fitur dan platform baru yang diaplikasikan Toyota kepada C-HR membuat mobil ini berbeda dengan karakter mobil Toyota lainnya. Kok bisa?

Toyota C-HR mampu diterima dengan baik oleh masyarakat di Indonesia, buktinya sejak kemunculannya pada 10 April 2018, crossover ini telah dipesan sebanyak 126 unit hingga saat ini. Meski banyak yang beranggapan bahwa banderol Rp 488,5-490 juta yang dipasang Toyota terlalu mahal.

Lewat ajakan dari PT Toyota Astra Motor (TAM), Carreview.id berkesempatan mencoba performanya langsung 'sang fenomenal' di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang pertama di pasar Indonesia, mobil ini memiliki sturktur yang lebih rigid namun lebih kokoh.

Sesaat masuk ke dalam kabin, kami dimanjakan dengan bentuk dasbor yang landai dan pandangan yang luas ke depan, sehingga kesan fun to drive begitu terasa di sini. Lingkar kemudi juga dapat diatur naik-turun dan maju-mundur, tapi sayangnya pengaturan kursi belum elektrik, alias masih dengan tuas untuk mengatur maju-mundur dan ketinggiannya.

"Segala sesuatu yang diaplikasikan pada C-HR telah disesuaikan dengan karakteristik pengendara dan kondisi di Indonesia, kami juga sangat mengedepankan kesenangan dan kenyamanan berkendara pada mobil ini, sehingga orang yang terbiasa mengemudi sendiri akan sangat menikmatinya," ucap Gandhi Ahimsaputra selaku Head Product Knowledge PT Toyota Astra Motor.

Tak perlu menunggu waktu lama, kami pun langsung mencobanya ke lintasan yang telah dibuat Toyota. Performa mesin dengan turbo direct injection langsung terasa di hentakan awal, apalagi dengan transmisi Super CVT-i yang diaplikasikan, membuat perpindahan transmisi tidak terasa dan membuat Anda jadi lebih nyaman mengendarainya. 

Ketika melewati jalan berlumbang, kami sengaja menambah kecepatannya, namun penggunaan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan double wishbone pada bagian belakang dapat menyumbang performa pada handling, dan hal tersebut merupakan kunci utama keunggulan mobil ini.

Kami juga tidak perlu takut mengingat perangkat keselamatan yang terdapat pada C-HR, seperti Pre-Collision system, Road Sign Assist dan Automatic Highbeam, serta Pedestrian Detection dan Adaptive Cruise Control yang sudah termasuk dalam paket Toyota Safety Sense.

Oiya, di interior, fitur untuk memanjakan penumpang juga terbilang lengkap. Sebut saja audio yang dilengkapi headunit 2-DIN monitor dengan steering switch control, AC dual zone dengan teknologi Nanoe, dan lainnya.

Berbicara performa mesin, Anda tidak perlu khawatir dengan mobil ini. C-HR mengusung mesin 2ZR-FBE 4 silinder inline 16 valve DOHC dengan VVT-i. Mesin ini mampu memuntahkan daya 141 PS/6.400 rpm dan torsi 170/4.000 rpm. 

Maka pantas jika ada penilaian, kami akan memberikan nilai 9 dari 10 untuk pengendalian dan performa mobil ini.

 
Related
Updates

otodriver.com