Car Review Indonesia

 
 
Apa Saja Beda Fitur Toyota Calya dan Daihatsu Sigra? Versus
| 05 September, 2016
 
 

Apa Saja Beda Fitur Toyota Calya dan Daihatsu Sigra?

 

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah siap dikirim ke konsumen mulai bulan September ini. Nah, buat calon konsumen yang masih bingung menjatuhkan pilihan. Inilah perbedaan fitur keduanya.

Tembang lawas dari Vina Panduwinata yang berjudul September Ceria mungkin sedang asik didendangkan para pemesan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang tengah berseri-seri menunggu kedatangan mobil baru mereka sampai garasi rumah. Ya, PT Toyota Astra Motor dan PT Daihatsu Astra Motor memang telah menetapkan bulan September ini sebagai jadwal pengiriman kedua unit LCGC MPV kepada para pemesan yang sudah terdaftar.

Sejak melantai 2 Agustus 2016 yang lalu, kembar Astra ini memang langsung mencuri perhatian para konsumen roda empat di Indonesia. Harga yang murah namun memiliki kapasitas bangku 7-penumpang tentunya masih menjadi daya tarik tersendiri mobil ini bisa laris manis di pasaran.

Bagi yang sudah memesan keduanya dan ingin mengetahui lebih detil ciri khas dari fitur masing-masing LCGC MPV tersebut. Kali ini Carreview.Id coba menyajikan perbedaanya untuk Anda yang masih bingung untuk menjatuhkan pilihan.

Mari kita mulai membahas dari fitur keselamatan. Dengan harga yang lebih mahal, Toyota Calya dilengkapi dengan seat belt 3 titik sampai baris ketiga, sementara itu Daihatsu Sigra memberikan fasilitas berbeda soal perangkat seatbeltnya.

Pada Daihatsu Sigra, hanya memfasilitasi dua orang penumpang di baris kedua dengan 2 seatbelt 3 titik, sementara penumpang yang duduk di tengah, hanya mendapat seat belt 2 titik. Sama seperti penumpang di baris ketiga yang hanya mendapat seatbelt 2 titik. 

Khusus seatbelt pengemudi, baik Calya maupun Sigra mempunyai lampu peringatan pada dasbor, yang akan menyala ketika sabuk pengaman itu belum digunakan. 

Seatbelt 2 titik pada bangku baris ketiga Sigra
Pada Calya terdapat seatbelt 3 titik di baris ketiga

Fitur canggih lainnya yang telah disematkan untuk mobil sekelas LCGC MPV adalah terdapat corner sensor dua titik di depan pada Daihatsu Sigra (Tipe R)  yang mampu memberi bunyi peringatan jika mobil terlalu dekat dengan objek di depannya. Sementara, Calya tidak memilikinya. Meski demikian, kedua mobil ini telah dilengkapi dengan sensor belakang untuk membantu parkir mundur.

Sensor depan hanya dimiliki Daihatsu Sigra

Untuk penumpang baris kedua, Toyota Calya menghadirkan kenyamanan ekstra dengan melengkapi headrest untuk penumpang yang duduk di bagian tengah, sementara Sigra hanya dilengkapi dengan headrest di jok kanan dan kiri pada penumpang baris kedua tersebut.

Berbicara SRS Airbag, semua tipe Toyota Calya telah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag sebagai fitur keselamatan standar. Sementara itu, Daihatsu Sigra hanya menggunakan Dual SRS Airbag pada tipe X dan R.

Secara keseluruhan, produk MPV LCGC lansiran Astra Group ini memang dijual dengan harga sangat terjangkau, namun telah dianugerahi beragam fitur terdepan.

Seperti fitur standar pada keduanya, baik Calya maupun Sigra telah dilengkapi rem ABS (Sigra hanya tipe R Matic dengan ABS, sedangkan Calya semua sudah ABS kecuali E standar), Rear Air Circulation, kunci dengan Immobilizer, bangku ISOFIX (pada Calya) dan kapasitas kabin mencapai 720 mm di baris depan, 690 mm baris kedua, dan 640 mm pada baris ketiga.

Rear air circulation mampu sejukkan kabin belakang
Dual Airbag pada Sigra X dan R, sementra Calya di semua tipe

 

Tag : #Daihatsu Sigra  # Toyota Calya  # LCGC MPV 

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]