Meskipun menggunakan mesin dan girbok sejenis, namun keduanya memiliki kepribadian dan keunggulan masing-masing. Berikut detail perbandingannya.

Beberapa Perbedaan Spesifikasi Audi Q3 vs New Tiguan

 
Beberapa Perbedaan Spesifikasi Audi Q3 vs New Tiguan

Meskipun menggunakan mesin dan girbok sejenis, namun keduanya memiliki kepribadian dan keunggulan masing-masing. Berikut detail perbandingannya.

Audi Q3 dan Volkswagen Tiguan merupakan SUV yang dikembangkan oleh dua pabrikan yang bernaung dalam sebuah payung yang sama. Sehingga tak mengherankan jika antara keduanya memiliki banyak persamaan, seperti penggunaan mesin dan transmisi.

Dasbor Q3 berpenampilan lebih sederhana
Dasbor Tiguan lebih modern dengan layar sentuh multiguna.

Meski demikian, kedua mobil ternyata memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Volkwagen Tiguan yang ada saat ini merupakan generasi II dan dikembangkan dari platform MQB yang tak lain merupakan platform teranyar milik VW Group. Sementara Audi Q3 saat ini masih menggunakan platform milik VW Group A5 (PQ35) yang tak lain merupakan platform yang dipergunakan pada generasi Tiguan sebelumnya.

Audi Q3 merupakan model yang mengalami penyegaran pada tahun 2015 silam dengan desain grill baru dengan aksen almunium, sedangkan Tiguan merupakan model gress yang baru diluncurkan pada tahun 2017 ini.

Kedua SUV yang dijajakan di bumi Nusantara ini mengunakan mesin turbo 1.395 cc dengan muntahan daya 150 PS dan dibekali dengan girboks dual clutch 7-percepatan. 

Tiguan menyodorkan lima konfigurasi driving mode yakni Eco, Comfort, Normal, Sport dan Individual. Sedangkan Q3 hanya memiliki tiga pilihan driving mode yakni compact, auto dan dynamic.

Selain itu Q3 menyuguhkan fitur launch control yang membuatnya lebih sigap dalam berakselerasi. Audi pun menambahkan fitur cylinder on demand, yakni sebuah fitur untuk menonaktifkan beberapa silinder dengan tujuan untuk membuat konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Sayang sekali kedua fitur ini tidak ada pada unit Tiguan.

Head unit Q3 lebih sederhana
Head unit layar sentuh jadi keunggulan Tiguan

Dilihat dari MID, konsumsi bahan bakar Q3 tercatat 17 km/liter (dalam kecepatan rata-rata 90 km) sedangkan Tiguan sedikit lebih boros dengan 16,6 km/liter.

Walau demikian dari sisi interior Tiguan nampak unggul dengan fitur yang lebih melimpah. Salah satu hal yang paling mencolok dengan hadirnya layar touchscreen multifungsi mulai memberikan tanyangan berbagai informasi hingga pengaturan AC.  Sedangkan Q3 tidak dijejali dengan fitur seperti ini .

Dari sisi eksterior, boleh dikatakan bahwa Tiguan memiliki tampilan futuristis dengan taburan lampu LED mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu sein (depan dan belakang) dan juga lampu belakangnya. Sedangkan Q3 untuk lampu utamanya masih menggunakan jenis Xenon Plus dan lampu LED untuk lampu belakangnya.

Tombol AC Tiguan nampak lebih moderen 
Tombol AC milik Q3 nampak lebih kokoh dan sederhana

Mengenai banderol Audi Q3 dibanderol dengan harga Rp 765 juta (OTR Jabodetabek) sedangkan Tiguan di angka Rp 650 juta (OTR Jabodetabek).

Dalam brand positioning, Audi memang ditempatkan di atas Volkswagen. Sehingga tidak harganya pun dipatok lebih tinggi dari saudara sepayungnya tersebut.

Walau keduanya memiliki DNA yang sama, namun nampak bahwa Q3 lebih mewakili performa sedangkan Tiguan sepertinya lebih diarahkan untuk performa dan style.

Tiguan memiliki lima pilihan driving mode
Q3 dilengkapi dengan driving select mode dengan tiga pilihan
Tiguan menggunakan teknologi LED untuk lampu utamanya
Q3 menggunakan lampu Xenon pada unit lampu utamanya

 

 
Related
Updates

otodriver.com