Banyak yang berpendapat, bahwa perbedaan antara keduanya hanya pada kapasitas mesin. Namun, meski menggunakan rangka dasar serupa, banyak perbedaannya.

Daihatsu : Seperti Inilah Perbedaan Eksterior Ayla 1.200 cc vs Ayla 1.000 cc

 
Daihatsu : Seperti Inilah Perbedaan Eksterior Ayla 1.200 cc vs Ayla 1.000 cc

Banyak yang berpendapat, bahwa perbedaan antara keduanya hanya pada kapasitas mesin. Namun, meski menggunakan rangka dasar serupa, banyak perbedaannya.

Kemunculan Daihatsu Ayla bermesin 1.200 cc tak semata-mata ritual ganti mesin belaka. Namun kemunculan versi bermesin 3NR-VE inipun diikuti dengan sejumlah penyegaran yang cukup signifikan untuk penampilannya. 

Walaupun pada dasarnya menggunakan bodycell yang sama, namun secara signifikan, ada beberapa hal yang membuat mobil 1.200 cc ini berbeda dengan versi mesin 1.000 cc, tiga silinder 1KR-DE versi facelift yang juga diperkenalkan pada kesempatan yang sama, Jumat (7/4) lalu.

Pada bagian wajah nampak nyata  perbedaan pada grill, lampu utama hingga kap mesin. Pada versi 1.200 cc, grill nampak menyatu dengan kisi-kisi bumpernya. Wajah baru ini sedikit memiliki kemiripan yng mengingatkan kita pada wajah New HondaJazz.

Lampu utama versi 1.200 cc ini telah menggunakan proyektor sebagai standarnya dan dilengkapi dengan position lamp (clearance lamp) LED atau yang umum disebut 'lampu senja' yang ditempatkan menyatu dengan lampu utama. Bentuk lampunya pun berbeda dengan desain lampu utama menumpuk di atas lampu sein.

Lampu Utama Ayla 1.200 cc menggunakan proyektor
Velg alloy milik Agya 1.200 mirip dengan Sigra

Penggunaan lampu dengan desain anyar ini pun menyeret para desainer Ayla untuk melakukan redesain kap mesinnya. Alhasil, kap mesinnya nampak lebih ramping dan tipis dibandingkan dengan saudara tiga silindernya.

Emblem Ayla di bagian depan pun bergeser ke grill, membedakan dengan versi 1.000 yang masih ditempelkan pada bagian kap mesin.

Pada bagian belakang, nampak redesain pada kedua model. Perbedaan mencolok yang ada adalah, versi 1.200 cc dilengkapi dengan LED yang membuatnya nampak lebih trendy dan modern.

Akan tetapi pada tipe menengah dan tertinggi terdapat aksen tambahan pada pintu bagasi. Sayang, bukan lampu, hanya sekadar aksesori (reflektor, mata kucing) saja.

Lampu Ayla 1.200 dengan LED namun lampu tambahannya hanya pajangan.
Versi 1.000 cc lampu tambahan berfungsi sebagai lampu mundur

Berbeda dengan Ayla 1.000 cc yang masih menggunakan rancangan lampu lama. Lampu tambahan di pintu bagasi berfungsi sebagai lampu mundur. 

Bumper belakang Ayla 1.200 cc, boleh dibilang sudah melakukan revolusi desain yang cukup signifikan. Desain baru ini memberikan kesan lebih kokoh dan mengkotak.

Sedangkan versi 1.000cc masih menggunakan desain lama.

Desain bumper belakang 1.200 cc lebih mengotak dan kokoh

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com