Toyota akhirnya menawarkan pilihan mesin 1.200 cc untuk Agya 2017. Dengan begitu, kini Agya bisa dibandingkan dengan Brio Satya yang memiliki kapasitas mesin serupa. Seperti apa hasilnya?

Inilah Perbandingan Dimensi, Fitur dan Harga Toyota Agya TRD vs Brio Satya E CVT

 
Inilah Perbandingan Dimensi, Fitur dan Harga Toyota Agya TRD vs Brio Satya E CVT

Toyota akhirnya menawarkan pilihan mesin 1.200 cc untuk Agya 2017. Dengan begitu, kini Agya bisa dibandingkan dengan Brio Satya yang memiliki kapasitas mesin serupa. Seperti apa hasilnya?

Pasar LCGC (Low Cost Green Car) akhirnya kembali bergairah.

Yap, apalagi penyebabnya kalau bukan karena pemain di segmen ini terlihat jor-joran mendandani produk mereka agar tetap terlihat fresh di pasaran.

Kini, giliran duo Astra kembali unjuk gigi sebagai pelopor LCGC tanah air.

Tepat 7 April yang lalu, PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor pun langsung memperkenalkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla model baru ke hadapan khalayak ramai.

Mobil yang dicipitakan untuk menjawab kebutuhan akan kendaraan roda empat yang layak untuk masyarakat ekonomi menengah ini, kini tak lagi mudah dijangkau.

Hadirnya tambahan fitur-fitur baru, dikatakan mempengaruhi harga Toyota Agya yang kini tak lagi dapat dikatakan murah.

Berangkat dari hal tersebut, kali ini Carreview.id coba membandingkan apa saja yang ditawarkan oleh versi tertinggi Agya 1.2 TRD A/T dengan LCGC hatchback favorit saat ini, yaitu Honda Brio Satya E CVT. Kebetulan, harga keduanya hanya berselisih Rp 400 ribu saja.

DIMENSI 

Menyandang status hatchback 5-penumpang, keduanya memiliki dimensi yang nyaris sama.

Agya 1.2-L TRD memiliki panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520. Kemudian, mobil ini dirakit dengan jarak sumbu roda mencapai 2.450 mm.

Sementara Brio Satya E CVT hadir dengan dimensi PxLxT 3.640 mm X 1.680 mm X 1.485 mm dan wheelbase 2.345 mm.

FITUR TERBARU

Berlanjut ke fitur, Agya melakukan improvisasi dengan adanya penambahan fitur pada bagian eksterior, seperti Smoked Projector Head Lamp with LED light guide, Sporty Rear Bumper Design untuk TRD, Rear Spoiler with High Mount Stop lamp, Side turn Lamp.

Sedangkan Brio hadir dengan tampilan eksterior yang cukup simpel, namun tetap dilengkapi fitur unggulan seperti Heat Rejecting Green Tinted Glass yang mampu menjaga kabin tetap sejuk dan LED rear combination Lamp.

Terlepas dari itu, keduanya sama-sama menggunakan pelek alloy berukuran 14 inci.

Sementara itu di dalam kabin, kedua LCGC sama-sama dilengkapi dengan audio steering switch yang mempermudah pengemudi mengganti channel radio atau mengubah volume tanpa harus menggapai head unit. 

Tak hanya itu, keduanya juga telah dilengkapi dengan head unit double din yang belum dilengkapi layar sentuh.

Mungkin, Anda hanya dapat menemukan fitur untuk memutar musik seperti FM/AM radio, DVD, AUX, USB dan koneksi untuk iPOD serta Android.

FITUR KESELAMATAN 

Dengan harga lebih mahal, Agya TRD dapat dikatakan memiliki fitur keselamatan yang cukup mumpuni.

Jika dibandingkan dengan Brio Satya CVT, maka Agya TRD memiliki kelebihan fitur, seperti iSOFIX dan seatbelt tiga titik di bangku tengah belakang di mana Satya hanya memiliki dua titik di bagian tersebut.

Meski begitu, kedua mobil telah dilengkapi dengan SRS Airbags dan Seatbelt reminder sebagai fitur keselamatan standar.

SPESIFIKASI MESIN

Nah, inilah sektor yang menurut kami paling seru untuk dibandingkan.

Meskipun Agya lebih kuat dalam hal brand image LCGC di Indonesia. Namun, soal urusan mesin Brio Satya terkenal lebih bandel dan mampu memanjakan ekspektasi para konsumen di Indonesia.

Tapi tunggu dulu, kali ini Agya punya senjata baru lewat mesin 1.200 cc bawaan Calya. Hal ini mampu membuat Toyota cukup percaya diri dengan Agya 2017.


 

Varian mesin berkapasitas 1.197 cc 4 silinder dengan 3NR-FE Dual VVT-i yang kini ada pada Agya TRD sanggup mengais daya 86,7 dk/6.000 rpm dan torsi 108 Nm/4.200 rpm.

Hasilnya cukup bersaing dengan mesin SOHC 1.198 cc 4 silinder i-VTEC milik Brio Satya E yang mampu menggelontorkan tenaga 88 dk/6.000 rpm serta 110 Nm/4.800 rpm.

HARGA 

Keduanya terlihat cukup bersaing dalam urusan fitur. dimensi dan mesin.

Kini, tinggal Anda yang perlu cermat dalam memilih. Mobil mana yang sesuai dan pas dengan keinginan Anda.

Sebuah Agya TRD A/T dibanderol PT Toyota Astra Motor Rp 151,9 juta, sementara Brio Satya E CVT dipasarkan PT Honda Prospect Motor seharga Rp 151,5 juta.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com